DMI dan Al-Akbar Giatkan Cerminan Hati Bersih, Begini Langkahnya

20 Aug 2018 12:49 Khazanah

Gerakan ‘Bersih-Bersih Masjid’ berlangsung di Masjid Al-Akbar, Surabaya. Gerakan digelar bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) dimeriahkan dengan dialog bertajuk “Masjid Bersih, Rumah Bersih, Cerminan Hati Bersih”, menghadirkan pembicara Shireen Sunkar bersama Arif Afandi, Ketua DMI Kota Surabaya.

Acara berlangsung di Ruang Hall Marwa, Masjid Al-Akbar Surabaya, Senin pagi, merupakan kelanjutan bersih-bersih sebanyak ribuan masjid Indonesia, di antaranya 400 masjid Jawa Timur, didukung  PT Unilever Indonesia Tbk dan Spektra Surabaya. Pada kesempatan itu, dihadiri juga Direktur Masjid Al-Akbar dan pengurusnya, seperti H Hizbul Wathon.

Kegiatan ini melibatkan marbut masjid dan masyarakat sekitar. “Kami berharap agar semakin menginspirasi masyarakat lebih luas dalam menjaga kebersihan,” tutur Arif Afandi.

DMI, dengan kegiatan ini, bermasud mengajak masyarakat secara luas, untuk menjaga kebersihan masjid dan rumah.

Dialog di Masjid AlAkbar Surabaya foto ngopibarengid
Dialog di Masjid Al-Akbar Surabaya. (foto: ngopibareng.id)
“Kami berharap agar semakin menginspirasi masyarakat lebih luas dalam menjaga kebersihan,” tutur Arif Afandi, Ketua DMI Surabaya.

“DMI selalu berusaha agar masyarakat mencintai masjid. Nah, soal kebersihan, tidak hanya demi menyempurnakan ibadah namun juga menjadikan ini sebagai kebiasaan setiap saat,” tutur Arif Afandi, yang juga CEO ngopibareng.id.

Dilibatkannya marbut masjid, dalam kegiatan ini tak lepas dari sejumlah pertimbangan. Di antaranya, marbut merupakan tokoh kunci untuk mengajak masyarakat di sekitar masjid dalam membangun kebiasaan untuk menjaga kebersihan.

Untuk itu, kegiatan ini pun berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Di Surabaya, juga diadakan lomba masjid terbaik yang mendapat penghargaan khusus dari DMI Surabaya.

"Gerakan ini juga merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen kami untuk membantu masyarakat Indonesia menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Roni Sya’roni, dari Spektra, pelaksana kegiatan tersebut.

Sementara itu, Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation, menjelaskan pihaknya melanjutkan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk terus menjaga kebersihan. Atas dukungan PT Unilever Indonesia Tbk. melalui produk pembersihnya yang bersertifikasi halal, yakni Wipol, Super Pell, dan Vixal.

Komitmen ini sejalan dengan strategi global Unilever Sustainable Living Plan (USLP). “Yakni, menumbuhkan bisnis kami seraya mengurangi dampak lingkungan dan memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat,” tambah Sinta. (adi)

Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini