Premier League 2019-2020Disikat Everton, Chelsea Pulang dengan Tangan Hampa

07 Dec 2019 22:22 Liga Inggris

Chelsea pulang dengan tangan hampa dalam lawatannya ke Goodison Park, Sabtu 7 Desember 2019. Bertanding di depan ribuan pendukung Everton dalam laga lanjutan Premier League, anak asuh Frank Lampard menyerah dengan skor 1-3.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Richarlison di menit ke-5, dan dua gol Dominic Calvert-Lewin di menit ke-49 dan 84’. Sementara gol semata wayang Chelsea di pertandingan ini dicetak oleh Mateo Kovacic di menit ke-52.

Rapuhnya barisan pertahanan Chelsea menjadi penyebab kekalahan ini. Pasalnya, berkali-kali mereka gagal membendung gempuran lawan. Bahkan andai penyelesaian pemain Everton lebih baik, mereka bisa menang dengan margin skor lebih besar.

Tertinggal 0-1 ketika pertandingan baru berjalan lima menit, Chelsea memberikan perlawanan spartan. Bahkan mereka nyaris menyamakan kedudukan lewat peluang berbahaya pada menit ke-26 yang dimiliki Tammy Abraham. Sialnya, sang penyerang tak mampu memanfaatkannya dengan baik.

The Blues terus berjuang untuk menyamakan kedudukan. Namun sampai wasit mengakhiri babak pertama, segala upayanya selalu menemui jalan buntu. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Everton bertahan.

Babak Kedua

Keluar dari kamar ganti, Chelsea kembali lengah di menit-menit awal laga berjalan. Hasilnya, gawang Kepa Arrizabalaga kembali kebobolan untuk kedua kalinya. Kali ini Dominic Calvert-Lewin yang mencatatkan namanya di papan skor empat menit setelah babak kedua dimulai. 2-0.

Harapan bagi Chelsea muncul pada menit ke-52 ketika Mateo Kovacic sukses membobol gawang Everton dengan tendangan mendatar dari luar kotak penalti, memanfaatkan bola sapuan bek Everton. 1-1.

Setelahnya, Chelsea terus melakukan serangan ke arah gawang Everton. Salah satunya melalui upaya dari Mason Mount yang masih belum menemui sasaran pada menit ke-64.

Perjuangan Chelsea belum usai. Pada menit ke-80, mereka kembali mendapatkan peluang dari Cesar Azpilicueta. Tapi tembakannya masih bisa diselamatkan dengan baik oleh Jordan Pickford.

Chelsea semakin merana. Di menit ke-84, gawangnya kembali dibobol oleh Calvert-Lewin yang menemukan celah di antara kaki Kepa Arrizabalaga. Everton pun unggul 3-1.

Pertandingan berakhir. Kedudukan 3-1 untuk keunggulan Everton bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Chelsea pun harus pulang dengan lesu dari Goodison Park.

Beruntung, the Blues takkan tergeser dari empat besar meski menderita kekalahan. Namun mereka terancam bakal tertinggal lebih jauh jika tim peringkat tiga, Manchester City, memetik kemenangan di pekan ke-16.