Luncurkan 'TransportasiKu', Dishub Surabaya Tiru Singapura

14 Jun 2019 23:31 Surabaya

Inovasi dan pembaharuan terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya. Kali ini, Dishub meluncurkan aplikasi yang dinamai Transportasiku.

Terinspirasi dari negara tetangga, Singapura yang juga meluncurkan aplikasi yang sama bernama MyTransportation.

Aplikasi TransportasiKu milik Dishub Surabaya ini juga untuk memberikan pelayanan dalam bidang transportasi dan arus lalu lintas.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui posisi Suroboyo Bus, slot lokasi parkir, jalur sepeda dan dapat melihat langsung CCTV yang menampilkan kondisi terkini arus lalu lintas di Surabaya.

"Satu aplikasi untuk semua. Baik untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum serta arus lalu lintas di Kota Surabaya," ujar Kepala Dinas Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat.

Kata Irvan, peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk meberikan pelayanan dalam bidang transportasi dan arus lalu lintas bagi warga Surabaya.

Ia juga berjanji akan terus memperbaharui sistem di aplikasi TransportKu tersebut.

"Saat ini masih trial dan akan terus dikembangkan ke depannya. Aplikasi ini sudah bisa didownload di playstore, karena sudah kami launching pada Hari Jadi Kota Surabaya ke-726 pada 31 Mei 2019 lalu," katanya.

Irvan mengaku, sejauh ini sudah ada 500 lebih pen-download dan pengguna aplikasi tersebut. Ia berharap kedepannya, aplikasi itu bisa menjadi pegangan penting bagi warga Surabaya.

"Surabaya mau jadi kota yang maju, sehingga semua harus bisa dipantau real time. Selain itu, masyarakat sudah berubah menjadi masyarakat digital, sehingga kami optimis dengan satu smartphone, maka kebutuhan semua dalam bidang transportasi bisa dipenuhi," ujar Irvan.

Meskipun sejauh ini, lanjut Irvan, aplikasi ini sudah baik dan lengkap. Ia berjanji dalam satu hingga dua bulan ke depan akan mengembangkan sistem notifikasi ketika ada jalan yang ditutup, jalan macet, dan ada kegiatan yang menutup jalan atau menghambat jalan.

"Yang terpenting masyarakat bisa mendapat informasi sebelum melakukan perjalanan,"katanya. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini