Karena Covid-19, BWF akhirnya menunda banyak agenda bulu tangkis internasional. (Ilustrasi:
Karena Covid-19, BWF akhirnya menunda banyak agenda bulu tangkis internasional. (Ilustrasi:

Dampak Covid, Tur Bulu Tangkis Seri Asia Ditunda Sampai 2021

Ngopibareng.id Bulutangkis 26 September 2020 13:59 WIB

Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF menyampaikan bahwa Tour bulu tangkis seri Asia 2020 yang dijadwalkan pada November telah diundur hingga Januari tahun depan di Bangkok. Perubahan baru pada kalender olahraga tersebut terjadi sebagai dampak pandemi virus corona.

Cabang olahraga ini sudah mengalami beberapa pembatalan turnamen internasional sepanjang tahun karena otoritas di seluruh dunia membatasi mobilisasi dan pertemuan publik dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

BWF mengatakan, tiga turnamen dalam tur sekarang dijadwalkan digelar berturut-turut pada pertengahan Januari, dengan final tour-nya pada akhir bulan.

Disebutkan bahwa seri turnamen Asia yang semula direncanakan pada November tidak lagi "layak", sehingga diputuskan seri Asia dari tur tersebut harus dimainkan di Thailand.

Dikutip dari laman BWF, Minggu, tiga turnamen yang akan digelar berturut-turut tersebut adalah Asia Open I Super 1000 pada 12-17 Januari 2021, Asia Open II Super 1000 pada 19-24 Januari 2021, dan ditutup dengan HSBC World Tour Finals 2020 pada 27-31 Januari.

"Tanggal pada Januari memberikan BWF kesempatan terbaik untuk melanjutkan dan menyelesaikan HSBC BWF World Tour untuk 2020 sebagai bagian dari kembalinya kita ke bulu tangkis internasional," tulis BWF dalam pernyataan resminya, Jumat 25 September 2020 malam seperti dikutip dari Antara.

Kabar tersebut datang ketika para pimpinan bulu tangkis di seluruh Asia memilih untuk tidak ambil bagian dalam ajang Piala Thomas dan Uber yang dijadwalkan pada Oktober, sehingga ajang bergengsi yang sedianya akan berlangsung di Denmark tersebut dibatalkan pekan lalu.

Piala Thomas dan Uber telah ditunda tiga kali tahun ini dan tidak akan digelar hingga 2021. Denmark Open bulan depan adalah satu-satunya ajang level atas yang dikonfirmasi dalam kalender tahun ini.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 16:35 WIB

Kasus Covid-19 di Jatim Naik Lipat Tiga Selama Tiga Bulan

Jawa Timur

Dalam tiga bulan ada seribu kasus tambahan.

22 Jan 2021 16:15 WIB

Aryn Keluar, Persebaya Tak Punya Legiun Asing Lagi

Liga Indonesia

Jika liga dimulai, persebaya hanya andalkan pemain lokal.

22 Jan 2021 16:07 WIB

Selipkan Sabu di Cincin, Pemuda Bulak Banteng Diciduk

Kriminalitas

Keduanya berniat menggelar pesta sabu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...