Walikota Malang, Sutiaji saat berada di Dinas Kesehatan Kota Malang beberapa waktu yang lalu (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Ini Perintah Walikota Malang Selama Libur 2 Pekan

Pendidikan 16 March 2020 12:00 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meliburkan kegiatan belajar-mengajar untuk seluruh sekolah mulai dari SD hingga SMA, setelah keluarnya edaran dari Kemendikbud dan Pemprov Jatim.

"Mulai Senin 16 Maret 2020 sesuai instruksi yang disampaikan Kemendikbud RI maka seluruh sekolah diliburkan," kata Walikota Malang, Sutiaji, Senin 16 Maret 2020.

Seperti keputusan Gubernur Jawa Timur, bahwa sekolah diliburkan selama 14 hari sejak Senin 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2020. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Sutiaji berharap meski libur pihak sekolah terus melakukan monitoring perkembangan belajar para siswanya melalui sarana belajar jarak jauh maupun penugasan yang bisa dilakukan secara online.

"Saya juga minta sekolah melalui grup komunikasi antara guru dengan wali murid serta Dinas Pendidikan Kota Malang untuk terus membangun komunikasi intens satu sama lain," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Zubaidah, mengimbau agar para siswa tidak bepergian ke tempat yang melibatkan kerumunan, seperti tempat wisata.

"Dihimbau para siswa tidak boleh pergi ke tempat umum dan berinteraksi
dengan banyak orang. Begitu juga orang tua jangan membawa anaknya keluar
kota atau pulang kampung," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memutuskan, kegiatan belajar mengajar siswa TK hingga SMA/SMK, dan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PK-LK) untuk diliburkan alias dilaksanakan di rumah. Khususnya untuk SMA/SMK dan PK-LK yang kewenangannya berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Khofifah mengambil keputusan meliburkan para siswa tersebut didasarkan kekhawatiran penyebaran virus corona di provinsi Jatim. Setidaknya, para siswa akan belajar di rumah selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2020.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:53 WIB

Specialized 'Bocorkan' Frame Ringan Terbaru

Gowes Bareng

Memang, bila dilihat bentuknya, frame itu tidak terlalu istimewa.

19 Sep 2020 09:48 WIB

Pertimbangkan Daerah Tunda Pilkada, Ini Solusi Terbaik

As’ad Said Ali

Berpotensi penyebaran Corona di arus bawah (grassroot)

19 Sep 2020 09:39 WIB

Ketua Komisi X DPR: Bantuan Pulsa PJJ Realisasikan Secepatnya!

Nasional

Sebab sampai sekarang bantuan kuota internet dari Kemendikbud belum turun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...