Cawapres Gagal, Sandiaga Uno Tak Restui Istri Ikut Pilkada?

07 Sep 2019 17:20 Politik

Nama Nur Asia Uno sedang ramai diperbincangkan. Bukan karena sang suami, Sandiaga Uno, yang gagal mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden saat Pemilu 2019. Kali ini, Nur Asia Uno digadang-gadang maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tangerang Selatan (Tangsel) tahun depan.

Hal ini bermula dari ucapan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, yang mengusulkan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mengusung nama Nur Asia Uno pada Pilwalkot Tangsel 2020.

"Mengusulkan kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Pak Prabowo untuk memajukan ibu Nur Asia Uno sebagai calon Wali kota Tangsel yang akan diusung oleh partai Gerindra," kata Dasco.

Tangsel termasuk daerah yang mengalami pembangunan pesat. Menurut Dasco, sosok yang kreatif dan teliti seperti Nur Asia Uno dibutuhkan, sehingga pembangunan-pembangunan ini benar-benar bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

Dasco juga merupakan anggota DPR dari dapil Banten III mencakup Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel. Menurutnya, warga Tangsel tidak alergi terhadap pemimpin perempuan.

Dia menilai, perempuan yang kerap dipanggil "Mpok Nur" itu mampu mengemban tugas sebagai Wali Kota Tangsel selanjutnya.

"Soal kapasitas dan kapabilitas Ibu Nur Asia Uno tidak diragukan untuk memimpin Tangsel ke depan," katanya.

Faktor lainnya adalah Nur Asia Uno memiliki banyak penggemar di Tangsel. Terutama kalangan emak-emak. "Pemilih emak-emak penggemar Pak Sandi Uno serta fans Ibu Nur Asia Uno banyak di Tangsel," kata Dasco lagi.

Sejauh ini, Dasco mengaku belum sempat berbicara langsung dengan Nur Asia Uno. Akan tetapi, dia sudah berbicara dengan Sandiaga Uno. "Saya baru tanya suaminya, senyum-senyum," ucap Dasco.

Selain nama Nur Asia Uno, putri Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah juga dikabarkan bakal berkontestasi di Pilwalkot Tangsel 2020 mendatang.

Sementara itu, menanggapi kabar ini, Sandiaga Uno mengatakan akan mempertimbangkan aspirasi dari warga Tangsel.

"Kita ingin sebetulnya putra putri terbaik Tangerang Selatan, karena kebetulan Mpok Nur (Nur Asia Uno) tidak tinggal di Tangerang Selatan dia tinggal di Jakarta Selatan. Ya saya terus menampung aspirasi dari masyarakat dan berkoordinasi," ujar ayah tiga anak ini.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas George Washington ini juga mengatakan bahwa keputusan tetap ada di tangan istrinya.

"Terus terang ini keputusan akhirnya ada di tangan Mpok Nur, tapi keputusan ini dan ini tentunya harus berbasiskan apa yang ingin diinginkan masyarakat Tangerang Selatan."

Sebelumnya, Sandiaga Uno secara tersirat sempat menolak suara yang mengusulkan istrinya menjadi calon Wali Kota Tangsel.

"Berbuat baik bisa kapan saja, di mana saja, tidak perlu dengan kekuasaan. Kalau saya inginnya Mpok Nur jadi ibu rumah tangga, dan tetap menjadi 'Mamah Online' saja. Setuju kan semua...," tulis Sandiaga Uno di akun Instagram @sandiuno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga sempat mengunggah rekaman video saat dirinya tampil di televisi. Menurutnya, Nur Asia Uno sebagai ibu rumah tangga, bukan orang politik dan tak memiliki ambisi politik sama sekali.

"Saya sampaikan ke Mpok Nur, saya tak bisa mengekang karir dia ke depan. Tapi dia sebagai orang ibu rumah tangga. Dia memang bukan orang yang berpolitik. Saya yakin dia tak punya ambisi politik sama sekali," kata Sandiaga Uno dalam sebuah tayangan talk show di TV One pada Rabu, 4 September 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini