Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti ketika meresmikan RTC di Ponpes An-Nur Malang. (Foto: Istimewa)

Resmikan RTC, La Nyalla Harap Dakwa Islam Meluas

Pendidikan 23 May 2020 15:10 WIB

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, La Nyalla Mahmud Mattalitti, meresmikan Rumah Tahfidz Center (RTC) di Pondok Pesantren An-Nur, Malang, Jumat 22 Mei 2020.

La Nyalla menyampaikan, saat ini ada lebih dari 1.200 RTC yang terverifikasi di Indonesia. Tempat ini menurutnya sangat bermanfaat untuk menyebarkan agama islam dengan dakwah semakin luas.

"Di akhir Ramadhan yang penuh berkah ini, kita menyaksikan tambahan gedung Rumah Tahfidz Center sebagai wadah aktivitas menghafal Al-Quran, mengamalkan, dan membudayakan nilai-nilai Al-Quran. Ikhtiar ini merupakan upaya mengentaskan buta huruf hijaiyah. Target kita ialah menjadikan Indonesia sebagai negeri penghafal Quran. Hafidz dan hafidzah sebagai panutan umat, ulama, serta pemimpin yang mencintai Allah dan dicintai masyarakat. Semoga menjadi embrio terwujudnya generasi Qurani," kata La Nyalla.

La Nyalla mengatakan, Ponpes An-Nur merupakan pondok tertua di wilayah Malang Raya yang didirikan oleh  KH Muhammad Anwar Bin Haji Nuruddin pada tahun 1941. Pada awalnya, pondok ini hanya sebuah langgar yang digunakan sebagai tempat mengaji yang berada di sebelah rumahnya. Namun dengan berjalannya waktu, jumlah santri yang menimba ilmu semakin banyak. Sampai akhirnya berdirilah pondok An-Nur.

Saat ini pondok An-Nur terus berkembang. Selain mendalami ilmu agama, santri juga belajar ilmu terapan. Santri dibekali keterampilan seperti bahasa asing dan wirausaha. Fasilitasnya sangat memadai. Bahkan belakangan Pondok Pesantren An-Nur memiliki sekolah unggulan. 

"Hal ini membuktikan besarnya peran Pondok Pesantren An-Nur dalam melahirkan generasi shalih dan shalihah kebanggaan keluarga, bangsa, dan agama. Generasi andal dan mandiri yang siap menghadapi perubahan zaman. Mampu mencukupi kebutuhannya, tidak menjadi beban masyarakat, bahkan bisa menyantuni orang-orang sekitarnya. Selaras dengan namanya, An-Nur yang artinya cahaya. Cahaya ilmu dan amal," pungkasnya.

Sementara itu, pengasuh Ponpes An-Nur, KH Ahmad Fahrur Rozi menyampaikan terima kasih atas kehadiran La Nyalla di pondok pesantren An Nur Bululawang, Malang yang sekaligus meresmikan RTC.

"Dulu kami memiliki  asrama yang tidak memiliki tempat tidur. Alhamdulillah atas bantuan Pak La Nyalla akhirnya kita bisa mengisi kamar-kamar di pondok sebanyak 154 tempat tidur. Semoga Pak LaNyalla senantiasa sehat walafiat dalam menjalankan tugas negara ini. Kami tahu perjuangan beliau terhadap perkembangan pondok pesanten di Jawa Timur ini. Termasuk kepada santri dan para pengasuhnya," ungkap pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 May 2020 19:30 WIB

2 Pasien Covid-19 di Pasuruan Sembuh

Ngopibareng Pasuruan

Dua pasien itu dengan kode kasus 20 dan 44.

28 May 2020 19:24 WIB

Up Date: Pasien Positif 24.538, Meninggal 1.496 Orang

Nasional

Pasien positif di Indonesia menjadi 24.538, meninggal 1.496 orang.

28 May 2020 19:15 WIB

Temperature Detector Shield, Deteksi Suhu Tubuh Pakai Face Shield

Feature

Alat deteksi suhu tubuh menggunakan face shield karya mahasiswa PENS

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.