Bu Lies di Sragen Protes Namanya Dicatut Sandi Uno

Nasional 18 March 2019 11:20 WIB

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandi Uno dalam debat Cawapres semalam berjanji akan menyelesaikan akar masalah BPJS Kesehatan dalam 200 hari pertama memerintah. Hal itu disampaikan ketika berhadapan dengan Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin di Hotel Sultan Jakarta, Minggu 17 Maret 2019.

Sandi Uno lantas menyinggung kisah Ibu Lies asal Sragen, Jawa Tengah, yang harus menghentikan pengobatan karena tidak dicover BPJS Kesehatan.

"Ada cerita masyarakat mengenai persoalan kesehatan. Ada kisah Bu Lies di Sragen yang BPJS tak lagi bisa meng-cover," ujar Sandi Uno.

Ia lalu mengatakan, bila Prabowo-Sandi dipilih oleh masyarakat, kisah-kisah seperti bu Lies tidak akan ada lagi. "Di bawah Prabowo-Sandi, kami pastikan dalam 200 hari pertama, akar permasalahan BPJS dan JKN kita selesaikan," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Kisah Ibu Lies ini juga pernah dibahas Sandi Uno dalam akun Facebooknya. Ibu Lies, katanya, adalah pasien kanker payudara yang obatnya tidak di-cover BPJS Kesehatan.
Ibu Lies rupanya nonton debat Cawapres semalam. Ia langsung berekasi lewat akun Twitter @LiesSugiyarti.

"Pak Sandiaga Uno sebaiknya jangan bawa saya dalam debat. Saya di Sragen sudah susah. Jangan buat saya lebih susah. Nanti netizen DM saya, ajak saya kopdar (kopidarat). Plis (please) Pak Sandiaga Uno. Saya hormat kepada Anda walau terakhir saya dengar Anda gak bayar kopi," demikian tulis Ibu Lies.

Meme yang tersebar di medsosMeme yang tersebar di medsos

Menanggapi omongan Sandi Uno soal kisah Ibu Lies, Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan, penjaminan obat dalam program JKN-KIS itu sudah diatur oleh regulasi.

"Pemilihan obat yang ada dalan Formularium nasional itu ditetapkan oleh tim ahli yang memiliki kompetensi dan kredibilitas yang mumpuni yang akan menentukan suatu obat bakal ditanggung oleh BPJS Kesehatan," terang Iqbal. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Editor : Faris Mujaddid

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 06:42 WIB

Pesan Eks Wagub DKI Sandi Uno untuk Riza Patria

Nasional

Sandi Uno berharap Wagub DKI baru punya terobosan untuk Jakarta.

03 Apr 2020 21:45 WIB

Cegah Corona, BPJS Kesehatan Ciptakan Dua Fitur Baru

Nasional

Ikut pencegahan penularan corona, BPJS Kesehatan luncurkan dua fitur baru.

03 Apr 2020 21:25 WIB

Massa Desak BPJS Kesehatan Surabaya Segera Turunkan Tarif

Surabaya

Warga sangat keberatan dengan naiknya tarif BPJS Kesehatan saat ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.