Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan bersama Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menunjukkan wujud tersangka dan barang bukti uang Rp2 miliar di Gedung Ditreskrimsus Polda Jatim, Surabaya, Jumat 17 Januari 2020. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Bos MeMiles Salahgunakan Sistem Pemberian Reward

Kriminalitas 17 January 2020 14:55 WIB

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur menahan satu orang lagi dalam kasus investasi bodong yang dijalankan PT Kam and Kam. Orang yang ditahan polisi itu bernama Sri Wiwid.

Dari keterangan yang didapat para penyidik, Sri Wiwid bertugas dalam pengadaan dan pendistribusian reward kepada member. Dari itu juga, penyidik berhasil mengungkap sistem penyampaian reward pada member.

"SW alias W ini bagian dari perusahaan dia berperan melaporkan pada Kamal (Sanjay) atau tersangka utama terhadap hasil pengumpulan data member yang menurut sistem berdasarkan omzet nasional dan waktu," kata Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, saat ditemui di Gedung Ditreskrimsus Polda Jatim, Surabaya, Jumat 17 Januari 2020.

Dari data sistem tersebut, kemudian akan diambil nama-nama siapa saja yang berhak untuk mendapatkan reward. Namun kenyataannya berbeda. Pemberian reward itu dilakukan dengan sistem yang salah. Artinya, orang yang tidak mendapat reward justru diberikan reward.

"Reward dilaporkan ke Sanjay, oleh Sanjay di filter lagi tidak berdasarkan dengan sistem yang berlaku bahkan seringkali yang mendapatkan reward orang yang tidak tercantum di dalam rekaman data itu," jelasnya.

Karena itu, ia tak kaget kalau ada orang-orang yang merasa menjadi korban penipuan MeMiles yang menjanjikan memberi reward setelah melakukan top up.

Dari penangkapan yang dilakukan terhadap Wiwid, penyidik juga berhasil mengamankan uang sebesar Rp2 miliar dari salah satu rekening yang dimiliki oleh Kamal, namun dipegang oleh orang lain yang mau menyerahkan uang tersebut.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 22:05 WIB

Wajib Tes Swab Sebelum Undian Nomor Urut Paslon

Nasional

KPU mewajibkan bapaslon wajib tes swab sebelum undian nomor urut.

21 Sep 2020 21:55 WIB

Mahasiswa UB Buat Pemutih Gigi Alami dari Asam Jawa

Pojok Unibraw

Tiga mahasiswa UB ciptakan pemutih gigi dari asam jawa.

21 Sep 2020 21:39 WIB

Sinopsis Free Fire: Baku Tembak Transaksi Senjata Ilegal

Film

Film Free Fire berkisah tentang transaksi senjata illegal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...