Batikan Yuk di Batik Day, atau Membatik di Batik Art Fest Solo

02 Oct 2017 11:40 Event

SOLO: The Spirit of Java. Itulah Solo, dan solo selalu membuat siapa pun jatuh cinta. Apa saja selalu mampu membuatnya melekat. Destinasinya, suasananya, tempat-tempat eksotisnya, kuliner khasnya serta even-even kreatif yang digelar spektakuler.

Nah, bagi Anda yang sedang atau merencanakan bertandang ke Solo, tak ada salahnya menyimak Batik Art Fest, hari ini 2 Oktober 2017, di Kampus II FSRD ISI Ring Road, Mojosongo, Surakarta.

FX Hadi Rudyatmo, Walikota Solo, mengatakan, agenda ini merupakan inisiasi mahasiswa Program Studi Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI). Ini sekaligus bukti kepedulian dan sinergitas anak muda demi mengembangkan pariwisata Indonesia.

Sementara itu, Herdiana Rahmawati, Dosen Prodi Batik ISI Surakarta, mengungkapkan, Batik Art Festival sudah menjadi event tahunan fakultas. “Ini event yang kedua, dan kami selalu mengundang pelajar dan mahasiswa se Jawa dan Bali,” ungkapnya.

Kompetisi Batik Art Festival dibagi menjadi beberapa kategori.Selain penampilan fashion show batik, ada juga workshop batik, bazaar dan bursa batik. Juga yang tak kalah menarik adalah kegiatan 12 jam membatik.

Kegiatan 12 jam membatik terbagi ke dalam dua shift masing-masing dilakukan dua mahasiswa. “Agendanya full tanpa jeda. Saat pergantian shift baru diadakan workshop sehingga acara tidak monoton,” katanya.

Herdiana mengatakan, setiap peserta terbaik diberi penghargaan dari Prodi Batik. “Ya nanti yang terbaik, khusus yang SMA dan SMK dapat masuk Prodi Batik ISI tanpa tes pada tahun ajaran 2018/2019,” ujarnya. (*)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini