Basic Daily Visual Support, Pendidikan Pendukung ABK Mandiri

03 Feb 2019 12:21 Pendidikan

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh orangtua dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah Visual Support Education.

Pendidikan pendukung berbentuk visual (gambar) ini menolong ABK yang kesulitan komunikasi verbal untuk mampu memahami dan belajar melakukan kegiatan-kegiatan yang mengasah kemandirian dan bina diri.

Forkasi Chapter Surabaya mengadakan parenting dan mini workshop 'Basic Daily Activity Visual Support for Special Needs', pada Sabtu, 2 Februari 2019.

Visual Support ini salah satu Alternative Augmentative Communication (AAC) atau Assistive Communication maka Visual Support ini sangat dianjurkan bagi Anak-Anak Special Needs, terutama non verbal.

Ini merupakan workshop Visual Support pertama yang diadakan di Surabaya dengan menggunakan full materi PCS (Picture Communication Symbol), dengan menggunakan software Boardmaker yang telah berstandar internasional.

Adapun Tema Visual Support yang dibahas meliputi penggunaan toilet duduk, penggunaan toilet jongkok, rutinitas sebelum tidur, rutinitas berangkat sekolah, mandi dan keramas, serta relaksasi. Enam bahasan tersebut dipilih karena merupakan aktivitas dasar yang dilakukan sehari-hari.

Kebutuhan Visual Support tiap orang berbeda, karena berbeda tingkat pemahaman dan kebiasaan, untuk itu para guru dan orang tua diwajibkan untuk kreatif dalam menyusun Visual Support agar bisa mendukung komunikasi anak.

Berikan anak ABK ruang yang sama seperti anak-anak lainnya untuk bisa mengeksplorasi sekitarnya. Tetap semangat dan terus belajar demi kemajuan anak-anak spesial tercinta. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini