Selebrasi gol Beto Goncalves. (Foto: Kompas)
Indonesia vs Malaysia

Babak I: 2 Gol Beto Bawa Garuda Unggul atas Harimau Malaya

Timnas 05 September 2019 20:39 WIB

Timnas Indonesia untuk sementara memimpin 2-1 atas Malaysia. Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019, tim besutan Simon Mcmenemy mengusung ambisi besar untuk memenangkan pertandingan pertama Kualifikasi Piala Dunia di Grup G.

Dua gol Timnas Garuda dicetak oleh Beto Goncalves di menit ke-12 dan 39’. Sementara satu gol balasan Malaysia diciptakan oleh Mohamadou Sumareh.

Indonesia mengambil inisiatif serangan lebih dulu di awal babak pertama. Upaya Indonesia sempat membuahkan hasil di menit ke-7 ketika Stefano Lilipaly berhasil lolos dari jebakan offside. Sayang, umpannya ke Beto mampu dipotong oleh kiper Malaysia.

Gagal pada percobaan pertama, Indonesia terus melakukan genmpuran. Kali ini, diawali pergerakan Saddil Ramdani dari sisi kiri pertahanan Malaysia. Pemain Pahang FC itu melepaskan umpan terobosan pada Beto. Tanpa kontrol, Beto menyodok bola melewati kaki kiper Malaysia dan gol. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Tertinggal 0-1, Malaysia mencoba bangkit. Melalui umpan-umpan panjang yang diarahkan sisi sayap kiri dan kanan, Tim Harimau Malaya mencoba membongkar pertahanan Indonesia. Usaha mereka berhasil di menit ke-37. Adalah pemain naturalisasi Malaysia, M. Sumaret, yang baru masuk ke lapangan berhasil melesakkan bola setelah sepakannya tak mampu dihadang oleh Andritany Ardhiyasa. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Hanya saja, kegembiraan pemain Malaysia tak berlangsung lama. Mendapatkan umpan dari Andik Vermansah, Beto melakukan tembakan melengkung melewati kiper Malaysia yang terlalu maju menutup ruang tembak Beto, Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Malaysia sendiri memiliki kesempatan lewat tendangan bebas. Beruntung, dua peluang Malaysia gagal bersarang karena hanya melebar. Hingga babak pertama usai, Timnas Indonesia masih unggul 2-1.

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 21:03 WIB

Menang lawan Qatar, Timnas Indonesia U-19 Dipuji Ketum PSSI

Timnas

Iwan Bule berharap pemain terus bekerja keras

12 Sep 2020 06:20 WIB

Perjuangan Timnas Indonesia U-19 Tahan Imbang Arab Saudi 3-3

Timnas

Timnas Indonesia U-19 bangkit dari ketinggalan 1-3 di babak pertama.

08 Sep 2020 20:20 WIB

Alfred Riedl. Prestasi Timnas, Suap 2010, hingga Persebaya

Timnas

ia dijuluki Mr. RUnner-up

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...