Jabat tangan sesama pemain seperti ini pun dilarang. (Foto: Twitter/@FCBayern)
Jabat tangan sesama pemain seperti ini pun dilarang. (Foto: Twitter/@FCBayern)

Aturan Baru Bundesliga Jika Kembali Diputar

Ngopibareng.id Liga Jerman 24 April 2020 19:38 WIB

Bundesliga rencananya segera kembali bergulir. Ini seiring dengan munculnya bocoran dokumen Kementrian Tenaga Kerja Jerman baru-baru ini. Dari situ pula diketahui, ada sejumlah aturan baru yang harus dipenuhi oleh otoritas sepak bola Jerman.

Ketentuan itu menyangkut penggunaan masker yang diwajibkan bagi seluruh pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan. Tak satu pun dari mereka yang diperkenankan tak mengenakan masker selama berada di lapangan.

Seperti dilaporkan media Jerman, Spiegel Sports, aturan lain yang harus ditaati adalah pertandingan harus dihentikan jika sampai ada masker pemain yang terlepas. Para pemain juga tidak diperkenankan memegang masker mereka dengan tangan selama pertandingan.

Dari dokumen tersebut, masker yang dikenakan para pemain tidak boleh lepas saat berlari, berduel memperebutkan bola, baik bola bawah maupun ketika bertarung di udara.

Dalam regulasi terbaru selama pandemi virus corona ini, bahwa pertandingan harus dihentikan setiap 15 menit sekali untuk mengganti masker yang dipakai pemain. Dengan asumsi, volume pernapasan meningkat akan membuat masker tidak lagi efektif untuk mencegah penyebaran virus.

Pergantian masker ini disebut 'short game break' atau istirahat pendek, dengan tetap menjaga jarak antara satu pemain dengan lainnya sejauh 1,5 meter.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa para pemain tidak diizinkan bersalaman sebelum pertandingan atau berpelukan ketika ada pemain yang mencetak gol, atau melakukan pelukan seperti pada pertandingan sebelum wabah Covid-19 melanda.

Wasit bisa mengambil tindakan tegas bila ditemui ada upaya-upaya seperti itu, sengaja atau tidak disengaja.

Daftar persyaratan yang dibuat oleh Departemen Tenaga Kerja ini masuk dalam draf regulasi sebelum kompetisi kembali diputar pada 9 Mei. 

Awal pekan ini, petinggi Bundesliga menandatangani comeback Mei dengan semua pertandingan dimainkan di balik pintu tertutup.

Agar Bundesliga bisa kembali dijalankan, semua pemain yang berjumlah 1.100 orang akan menjalani pengujian covid-19 dan tindakan pencegahan kebersihan yang ketat selama persiapan. Salah satunya, pemain harus mencuci kit mereka sendiri. 

"Bundesliga siap untuk melanjutkan, tidak peduli apakah pada 9 Mei atau nanti. Tapi itu bukan urusan kita, tapi tergantung dari pemerintah yang membuat kebijakan," kata Ketua Bundesliga Christian Seifert.

'Kami belum menetapkan tanggal pasti hari ini. Fakta bahwa kami bahkan dapat berpikir untuk melanjutkan permainan dan menjalankan apa yang ditentukan oleh otoritas Jerman."

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 22:16 WIB

Fans Berebut Lihat Peti Mati Maradona

Dunia

Fans ricuh dengan polisi karena berebut melihat peti mati Maradona.

26 Nov 2020 21:58 WIB

Ambulans vs Motor, Ini Kronologi Versi RS Pemilik Ambulans

Jawa Timur

Pihak rumah sakit pemilik ambulans angkat bicara.

26 Nov 2020 21:41 WIB

BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Hutan Kota Batu

Warta Bumi

Lutung Jawa merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...