Peru bertekad melupakan kekalahan 0-5 dari Brasil di laga fase grup saat keduanya kembali bentrok di partai final Copa America 2019, 8 Juli 2019 dini hari WIB di Maracana. (Foto: Twitter/@

Apakah Kejutan Peru Berlanjut di Laga Final?

Dunia 04 July 2019 15:58 WIB

Duel antara Brasil kontra Peru di final Copa America 2019  pada 8 Juli 2019 dini hari WIB mendatang merupakan partai ulangan di babak penyisihan. Pada duel pertama di fase grup lalu, Peru dipermak 5-0 oleh Brasil.

Kini, Peru memiliki kesempatan untuk memperbaiki rekor pertemuannya dengan Selecao di laga yang akan menentukan gelar juara Copa America 2019. Maka itu pula, tim besutan Ricardo Gareca bertekad melupakan memori buruk itu dan menatap laga final dengan optimisme tinggi.  

Peru sendiri melaju ke final seusai membalikkan prediksi dengan mencukur juara bertahan dua edisi terakhir, Chili, dengan kemenangan 3-0 dalam laga semifinal di Estadio dp Gremio, Porto Alegre, Brasil, Kamis 4 Juli 2019 pagi WIB tadi.

"Kami menemukan kembali jati diri, inti permainan kami yakni terus menggerakkan bola dan tak pernah lelah berlari," kata gelandang bertahan Yoshimar Yotun selepas pertandingan dilansir AFP.

Yotun menjadi pencetak gol kedua Chili pada menit ke-38, menyusul gol pembuka yang dicetak oleh Edison Flores sekitar 17 menit sebelumnya.

Kedua gol itu mampu membungkam Chili sebelum turun minum. Bermain sabar, disiplin posisi, plus penampilan gemilang kiper Pedro Gallese membuat Chili frustrasi. Di saat itulah Paolo Guerrero berhasil menenggelamkan Chili lewat golnya di menit-menit terakhir sebelum laga bubar.

Yotun yakin timnya tidak akan mengulangi kesalahan di fase grup dan Peru bertekad akan bekerja keras untuk meraih trofi Copa America ketiganya setelah mengecapnya di tahun 1939 dan 1975.

"Tentu saja melawan Brasil bakal jadi pertandingan sulit, tapi saya yakin akan menjadi laga yang berbeda," katanya.

"Ini final ada sesuatu yang dipertaruhkan. Kami akan bekerja keras untuk bisa mengangkat trofi setelah pertandingan," ujarnya menambahkan.

Peru untuk kedua kalinya tampil di partai final Copa America setelah 1975, edisi 1939 masih menggunakan format round-robin dan juara ditentukan berdasarkan klasemen. Kali ini, bukan tak mungkin mereka bakal kembali mengangkat trofi setelah 43 tahun puasa gelar.

 

Maklum, Peru memiliki potensi untuk merusak mimpi Brasil setelah mereka berhasil dua kali menjungkalkan prediksi dengan menyingkirkan Uruguay dari perempat final dan juara bertahan dua edisi terakhir Chili di semifinal.

Partai pamungkas Copa America 2019 bakal digelar di Maracana, Rio de Janeiro, pada Senin 8 Juli 2019 dini hari WIB.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 May 2020 05:45 WIB

Bagaikan Lebah, Orang-orang Mukmin di Mata Rasulullah

Islam Sehari-hari

Selalu memilih makanan yang baik dan bermanfaat

15 May 2020 19:00 WIB

Aktor Park Ji Hoon Selalu Tersenyum Meski Idap Kanker Perut

ngopiK-pop

Park Ji Hoon, bintang drama Chicago Typewritter meninggal di usia 31 tahun.

15 May 2020 15:12 WIB

Data Disnakertrans Jatim, Baru 17 Perusahaan yang Bayarkan THR

Jawa Timur

Perusahaan tetap harus bayar THR yang lebih dari normatif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.