Rock Melon. (Foto: Practical Parenting)

Apa Itu Rockmelon?

07 Mar 2018 23:02

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pemerintah merespon cepat kejadian luar biasa buah rock melon (Cantaloupe) Australia yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Menteri Pertanian (Mentan), pun telah menerbitkan keputusan untuk mencegah masuknya rock melon itu ke wilayah Indonesia. Lantas seperti apa buah rock melon itu?

Rock melon adalah jenis melon dengan kulit yang memiliki guratan seperti jaring-jaring berwarna hijau (netted melon). Guratan itu nampak jelas pada kulitnya. Kulit melon ini keras dan kasar.

Ukuran buahnya cukup besar. Rasa buah ini manis sehingga tidak perlu penambahan zat pematang buah dan dapat menghemat biaya produksi.

Aroma buah ini harum. Keunggulan lainnya yaitu daunnya tetap berwarna hijau meskipun buah sudah matang, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Produktivitas rock melon mencapai 20-30 ton per hektar.

Buah ini memiliki potensi yang bagus di pasar karena bermacam keunggulannya. Banyak petani yang sudah mulai mengembangkan tanaman ini untuk konoditas pertaniannya. Kualitas dan keunggulan buah ini membuat buah ini layak untuk menjadi produk ekspor

Namun, di Astralia, Empat orang telah meninggal dunia setelah mengkonsumsi melon yang terkontaminasi dengan listeria ini, pihak berwenang mengatakan pada hari Rabu, 7 Maret 2018.

Infeksi bakteri listeria monocytogenes bisa terjadi pada siapa saja jika mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri ini dalam jumlah besar. Bakteri ini dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi, hingga feses ternak. (frd)