Antusias Mencoblos, Wabup Pasuruan Cek Pemilu di Rutan Bangil

18 Apr 2019 12:00 Ngopibareng Pasuruan

Hidup dibalik jeruji penjara tak lantas menghilangkan hak pilih warga binaan Rutan (Rumah Tahanan) Negara Kelas II B Bangil. Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) sangat antusias mencoblos di TPS 28 dan 29, TPS khusus yang ditempatkan di Aula Serbaguna dan Aula Blok Hunian Rutan Bangil, Rabu 17 April 2019.
Dari pantauan di lapangan, ratusan warga binaan mulai mengantre sejak pukul 7 pagi. Mereka diberikan kebebasan untuk menentukan pilihan mereka sendiri melalui undangan yang sudah di tangan.
“Bismillah, semoga membawa perubahan untuk negeri ini,” ungkap CH, salah satu warga binaan, sesaat setelah selesai mencoblos.
Sementara itu, Kepala Rutan Bangil, Wahyu Indarto mengatakan, total jumlah WBP di Rutan Bangil hingga pelaksanaan Pemilu 2019 mencapai 573 orang. Dari jumlah tersebut, WBP yang mendapatkan hak memilih sebanyak 440 orang. Sedangkan 133 lainnya tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Dengan rincian, 2 WBP belum berusia 17 tahun, 50 WBP tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), 26 WBP masuk rutan setelah penelusuran NIK oleh Dispendukcapil yang dilakukan terakhir kali tanggal 6 April lalu, serta 55 WBP tidak terdaftar di TPS asal, sehingga tidak dapat dimasukkan ke dalam DPTb atau pemilih tambahan.
“Kita hanya melaksanakan saja, untuk bagaimana WBP yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya, itu adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau negara,” jelas Wahyu Indarto.

Meskipun lebih dari 100 WBP tidak dapat menggunakan hak pilihnya, akan tetapi pelaksanaan pencoblosan di Rutan Bangil berjalan lancar. “Kami bersyukur, meskipun rekapitulasi penghitungan surat suaranya lama, tapi semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan yang kita inginkan,” ujar Wahyu Indarto.

Di sisi lain, jalannya pemungutan suara di Rutan Bangil mendapatkan perhatian dari Pemkab Pasuruan dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim.

Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron  dan Susy Susilawati menyaksikan secara langsung jalannya pemungutan suara di Rutan Bangil. “Saya lihat lancar sekali. Dan para warga binaan juga antusias mencoblos,” ucap Wabup.

Begitu pula Susy yang menyampaikan pentingnya mencoblos dalam Pemilu 2019. Tak terkecuali bagi petugas Lapas/Rutan hingga warga binaan. “Kami selalu berupaya semaksimal mungkin agar WBP dan pegawai yang punya hak pilih agar bisa memilih dalam pemilu,” terangnya. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini