Chief Operation Officer (COO) Bhayangkara FC, Kombes Pol Sumardji yang menjabat Kapolresta Sidoarjo. (Foto: Instagram @bhayangkarafc)

Antara Tugas Kapolres Sidoarjo dan COO Bhayangkara FC

Liga Indonesia 08 February 2020 09:40 WIB

Ada perasaan bahagia sekaligus sedih ketika Kombes Pol Sumardji membaca Surat Telegram Kapolri Nomor ST/386/II/KEP/2020 pada 3 Februari 2020.

Dia bahagia. Sebab, dalam surat itu disebutkan, jabatannya akan naik. Dari Pjs (pejabat sementara) Wadir Polairud Polda Metro Jaya menjadi Kapolresta Sidoarjo, Jawa Timur.

Dia menggantikan Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang diangkat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau.

Mengemban jabatan baru, Sumardji juga sedih. Sebab, dia harus berpisah dengan klub Bhayangkara FC. Sebagai Chief Operation Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji harus berdinas di Sidoarjo. Sedangkan Bhayangkara FC ber-home base di Jakarta. Stadion PTIK adalah rumah Bhayangkara FC.

Sumardji memang tak bisa dipisahkan dari klub berjuluk The Guardian itu. Dia pernah menjadi manajer dan membawa Bhayangkara FC sebagai kampiun Liga 1 2017. Posisinya naik menjadi COO sejak 2017 hingga tahun ini.

Tugas baru sebagai Kapolresta Sidoarjo apakah membuat Sumardji bimbang? Mungkinkah dia melepas Bhayangkara FC dan merelakannya ke pihak lain, atau tetap menjadi COO dengan risiko dia bakal supersibuk.

"Sepakbola itu dunia saya. Sepakbola sudah bagian dari saya bertahun-tahun. Saya pikir bisa menyesuaikan dengan mengatur waktu mana untuk Bhayangkara FC dan mana untuk dinas. Bisa diatur karena saya lama di sini,’’ papar Sumardji.

Dia rela melakukannya karena belum menemukan sosok yang cocok untuk menangani Bhayangkara FC secara penuh. "Saya juga masih melihat situasinya jika ingin melepas. Apakah nanti pengganti saya bisa berlanjut dengan prestasi atau malah tidak," tuturnya.

Kecintaan mantan Kasubditregiden Ditlantas Polda Jatim tersebut kepada Bhayangkara FC memang luar biasa. Itu dibuktikan ketika dia menjadi manajer timnas Indonesia U-22 yang berlaga pada SEA Games 2019 di Filipina. Sumardji rela bolak-balik Filipina-Indonesia untuk menemani Bhayangkara FC bertanding.

Musim ini, dia berjanji akan berusaha hadir di pertandingan Bhayangkara FC. "Saya akan terus berkomunikasi dengan manajer Bhayangkara FC yang baru (I Nyoman Yogi Hermawan) terkait kondisi tim. Yang pasti, di mana pun saya berada, keberadaan saya tetap bersama Bhayangkara FC. Saya akan tetap meluangkan waktu untuk bisa di tengah-tengah anak-anak," harapnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...