Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19 pada sebagian orang tanpa gejala (OTG) yang kehilangan indra penciuman. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19 pada sebagian orang tanpa gejala (OTG) yang kehilangan indra penciuman. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Anosmia, Gejala Covid-19 yang Ganggu Indra Penciuman

Ngopibareng.id Nasional 23 September 2020 17:25 WIB

Saat seseorang terinfeksi virus corona (Covid-19), biasanya mengalami gejala seperti batuk, flu, demam hingga diare. Namun, ada juga yang tak mengalami gejala apapun atau disebut orang tanpa gejala (OTG).

Belakangan, OTG mengaku mengalami kehilangan indra penciuman atau anosmia. Meskipun sering dialami saat seseorang flu, hal ini akan jauh lebih parah pada pasien Covid-19.

Dikutip dari Science Focus, penyebab kehilangan penciuman ini bisa terjadi pada pasien Covid-19 karena adanya protein di permukaan beberapa sel manusia, yang bisa dengan mudah 'mengikat' virus corona.

Protein sejenis enzim yang disebut 'angiotensin converting enzyme II' (ACE-2), memiliki bentuk tertentu yang dirancang untuk mengambil hormon angiotensin dan mengubahnya menjadi ACE-2 yang digunakan tubuh untuk berbagai hal, seperti mengatur tekanan darah. Tetapi, ACE-2 ini bisa dengan mudah berikatan dengan virus corona.

"Secara umum, saat sel manusia terinfeksi virus mereka menjalani proses yang disebut pyroptosis atau penghancuran diri untuk menggagalkan virus menempel pada sel. Jadi, kemungkinan besar sel pendukung penciuman itu menghancurkan dirinya sendiri yang menyebabkan kematian neuron sensorik dan hilangnya indra penciuman," jelas penulis studi Dr Andrew P Lane, tim ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins.

Berikut ini penjelasannya:

Ilustrasi anosmia pada sebagian OTG yang kehilangan kemampuan indra penciuman Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi anosmia pada sebagian OTG yang kehilangan kemampuan indra penciuman. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

20 Oct 2020 08:20 WIB

Diresmikan Jalan Presiden Joko Widodo Diresmikan di UEA

Internasional

Hubungan bilateral Indonesia-UEA semakin mesra

20 Oct 2020 07:31 WIB

Pemkot Surabaya Sampaikan Pesan 3M Lewat Seni Mural

Rek, Ojok Angel Tuturane

Pemkot Surabaya berharap warga terus terapkan protokol kesehatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...