Ilustrasi Monumen Nasional salah satu ikon DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Monumen Nasional salah satu ikon DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

Rapid Antigen Bagi Warga yang ke Jakarta Melalui Bandar Udara

Ngopibareng.id Nasional 16 December 2020 07:57 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang gelaran pesta Tahun Baru 2021 dan kegiatan lain yang berpotensi mengundang kerumunan massa. Hal ini untuk mencegah sebaran virus corona atau Covid-19.

"Saya ingatkan kepada seluruh warga jangan menggelar pesta tahun baru, jalankan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh," tegasnya.

Selain itu, Anies Baswedan juga mengingatkan kewajiban tes polymerase chain reaction (PCR) atau rapid antigen kepada masyarakat yang masuk ke Jakarta melalui bandar udara.

Peraturan ini, kata Anies, mendukung keputusan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan terkait upaya pencegahan penularan Covid-19 pada masa liburan akhir tahun.

“Kami memberlakukan hal ini dan harapannya kawasan Jabodetabek juga diberlakukan aturan yang sama,” katanya.

Menko Luhut sebelumnya meminta kepada Anies Baswedan untuk memperketat kebijakan bekerja dari rumah (work from home) hingga 75 persen, yakni 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Meneruskan kebijakan membatasi jam operasional hingga pukul 19.00 WIB dan membatasi jumlah orang berkumpul di tempat makan, mal, dan tempat hiburan.

Selain itu, Luhut juga meminta agar protokol kesehatan di daerah wisata, khususnya Bali diperketat menjelang libur Natal dan tahun baru. Selain itu, pengetatan protokol kesehatan juga berlaku di rest area, hotel, dan tempat wisata.

“Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali,” kata Luhut.

Untuk mengatur mekanismenya, Menko Luhut meminta Menteri Kesehatan, Kepala BNPB, dan Menhub untuk segera mengatur prosedurnya. Pengetatan protokol kesehatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 pasca libur natal dan tahun baru 2020-2021. Selain itu, pemerintah memutuskan untuk melarang kerumunan dan perayaan tahun baru di tempat umum.

“Jumlah angka positif dan angka kematian terus meningkat pasca libur di 20 provinsi, setelah sebelumnya trennya menurun,” terang Luhut.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 23:45 WIB

Ikut Jejak Irfan Jaya, Muhammad Hidayat Tinggalkan Persebaya

Liga Indonesia

Kini Persebaya hanya sisakan satu gelandang bertahan.

28 Feb 2021 23:32 WIB

Longsor di Lumajang Timbun 13 Rumah, Puluhan Hewan Ternak Hilang

Jawa Timur

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

28 Feb 2021 23:16 WIB

Khofifah akan Hadiri Sertijab 14 Bupati/Walikota di Jatim

Jawa Timur

Mulai besok, Khofifah secara marathon akan hadiri sertijab 14 kepala daerah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...