Alasan Privasi, Wisman Mulai Tinggalkan Pantai Kuta

16 Jun 2019 08:11 Nasional

Destinasi wisata Pantai Kuta yang selama ini menjadi favorit bagi wisatawan manca negara untuk berjemur, mulai ditinggalkan sejumlah pelancong. Mereka merasa lebih nyaman di Pantai Nusa Dua. alsannya bersih dan privasinya terlundungi.

Beberapa wisman menilai Pantai Kuta sekarang kotor, dan privasi mereka terganggu wisatawan domestik. Wisman yang sedang berjemur di pantai sering menjadi totontan dan dijadikan obyek swafoto.

"Kami terganggu saat berjemur kemudian dikerubuti dan memotret seenaknya tanpa seizin kami," kata wisatawan asal New Zeland Merry kepada Ngopibareng.id di Pantai Nusa Dua, Minggu lalu.

Di Pantai Nusa Dua wisatawan manca negara merasa privasinya terlundungi karena ada petugas yang mengawasi dan melayani kebutuhan wisatawan saat berjemur di Nusa Dua Beach. Yakni Koperasi Yasa Segara Bengiat. Koperasi ini menyediakan tenda sampai tukang pijat,

Tenda dengan dua sofa sewanya Rp 100 ribu, bisa dipakai seharian. Sedang untuk pemijat perjam tarifnya Rp 300 ribu.
Tarif ini juga berlaku bagi wisatawan lokal.

Bali bagi Merry sungguh luar biasa, alamnya memesona, dikelilingi oleh pantai dan tebing yang menakjubkan. Selain itu masyarakatnya ramah, menghormati adat dan kepeceryaannya. Terlihat ketika ada upacara di Pura, tua muda datang berbondong-bondong meninggalkan kepentingan duniawi.

"Ini yang membuat saya jatuh hati dan betah di Bali, kata dosen sebuah perguruan tinggi di New Zeland. Bagi Merry ini yang keempat kalinya dia berlibur di Bali bersama beberap orang temannya.

Pengurus Koperasi Yasa Segara Bengiat, Made Suardika, mengatakan, koperasi ini sifatnya untuk memfasilitasi kebutuhan wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Tapi sejauh ini tidak ada wisatawan demostik yang ikut-ikutan berjemur di panta Nusa Dua," kata Made. Tugas koperasi juga betujuan untuk menjaga supaya citra Nusa Dua dan Bali pada umumnya tetap baik.

Menanggapi keluhan wisman tersebut, Menteri Pariwisata Arif Yahya, mengatakan bisa memaklumi. Persoalannya Pantai Kuta ini kan terbuka untuk umum, jadi semua orang boleh datang, tidak ada pengecualian wisman atau domestik. "Yang penting saling menghargai kepentingan masing masing," kata Arif Yahya.

"Masyarakat kita memang tidak terbiasa melihat laki perempuan berjemur di pantai di bawah terik matahari dengan mengenakan bikini. Di sini persoalannya," kata Menteri Pariwista.

Nusa Dua Bali salah satu tempat wisata di pulau Bali, yang lokasinya berada di Bukit Peninsula, bagian ujung tenggara pulau Bali. Terbentang dari semenanjung Tanjung Benoa, sampai ke area timur Bukit Sawangan. Sedangkan kawasan pariwisata Nusa Dua adalah sebuah wilayah kawasan pariwisata yang lebih terkenal dengan nama ITDC Nusa Dua.

Kawasan pariwisata Nusa Dua salah satu kawasan pariwisata kelas mewah yang ada di pulau Bali dan sangat terkenal ke mancanegara. Berbagai event-event besar kenegaraan yang mendatangkan tamu dari berbagai negara, selalu diselenggarakan di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali. Sebagian besar hotel di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali adalah hotel mewah bintang lima. Selain hotel mewah, di kawasan pariwisata Nusa Dua juga terdapat fasilitas pendukung yang lain seperti:

Lapangan golf yang paling terkenal di Bali, namanya Bali National Golf Club.Tersedia pusat perbelanjaan, namanya Bali Collection Nusa Dua.Nusa Dua theater, lokasi pertunjukan Devdan Show. Juga tersedia rumah sakit International, BIMC hospital Nusa Dua.

Tersedia tiga gerbang utama untuk memasuki area kawasan ITDC Nusa Dua, dan semua pengunjung yang melewati gerbang masuk akan melalui security check. ITDC Nusa Dua menyediakan berbagai fasilitas penunjang obyek wisata. Seperti lahan parkir yang luas, areal khusus untuk jalan-jalan di sore hari, taman yang sangat terawat, toilet, tempat sampah, dan petugas penjaga pantai. Di kawasan Nusa Dua ini juga terdapat Masjid, Gereja, Pura dan Wihara dalam satu lokasi.

Jika menginap di tempat wisata Kuta Bali, untuk menuju kawasan pariwisata Nusa Dua akan memerlukan waktu sekitar 35 menit, dengan jarak tempuh 18 kilometer. Rute terbaik dari Kuta menuju Nusa Dua adalah melalui jalan tol yang membelah pantai Benoa, dengan biaya tol sebesar Rp 11.000/1 mobil roda empat.

Transportasi umum di pulau Bali yang memadai hanya taksi meter. Oleh karena itu, pilihan transportasi terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini