Alami Kekalahan Memalukan, Madrid Hampir Pasti Nirgelar

06 Mar 2019 11:13 Liga Champions

Real Madrid tinggal nama besar saja. Tidak ada yang tersisa dari kejayaan mereka di tiga musim terakhir, dimana Los Blancos berhasil menjadi yang terbaik di ajang Liga Champions tiga kali beruntun.

Kekalahan 1-4 dari Ajax Amsterdam pada leg 2 babak 16 besar di Santiago Bernabeu, Rabu 6 Maret 2019 dini hari WIB tadi merupakan gambaran jelas keterpurukan tim raksasa Spanyol ini.

Kekalahan ini membuat Madrid masuk kotak alias tersingkir dari gelaran Liga Champions. Tak hanya tersingkir, duka Madrid semakin lengkap karena hasil ini membuat tim besutan Santiago Solari hampir pasti nirgelar musim ini.

Sebab, peluang mereka di La Liga sangat kecil lantaran tertinggal 12 poin dari Barcelona sebagai pemuncak klasemen sementara. Sedangkan di ajang Copa del Rey langkah mereka sudah terhenti setelah tumbang 0-3 dari Barcelona.

Kekalahan dari Ajax sendiri merupakan kekalahan ketiga mereka di kandang dalam kurun waktu tak sampai dua pekan terakhir. Sebuah catatan yang sangat menyesakkan bagi Gareth Bale dkk di sepanjang sejarah klub ini.

Kekalahan 1-4 dari skuat arahan Erik ten Hag tersebut membuat Real Madrid tak sanggup memanfaatkan keunggulan 2-1 saat menang di markas Ajax. Alhasil, Real Madrid kalah agregat 5-3.

Empat gol Ajax Amsterdam ke gawang Real Madrid lahir melalui aksi Hakim Ziyech (7'), David Neres (18'), Dusan Tadic (62') dan Lasse Schöne (72'). Satu-satunya gol El Real tercipta melalui sepakan Marco Asensio pada menit ke-70. Catatan buruk Real Madrid bertambah pada akhir pertandingan setelah Nacho mendapat kartu merah.

Hasil negatif di Santiago Bernabeu menjadi catatan minor yang memalukan bagi pasukan Bernabeu. Sebab, untuk kali ketiga sepanjang sejarah klub tersebut, mereka mengalami empat kekalahan beruntun di rumah sendiri.

Selain kalah dari Ajax Amsterdam, Real Madrid juga takluk dari tiga tim lain, yakni Girona dan Barcelona (2 kali). Nama pertama membuat malu Real Madrid pada jornada 24 La Liga pada 17 Februari 2019. Girona menaklukkan tuan rumah dengan skor 2-1.

Sementara itu, dua kekalahan lain datang dari sang musuh abadi, Barcelona. Pada laga semifinal Copa del Rey 27 Februari 2019, Real Madrid tumbang dengan skor 0-3. Tiga hari berselang, Real Madrid kembali kalah dari lawan yang sama dengan skor 0-1. Bedanya, kali ini Los Blancos kalah di pentas La Liga.

 

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari meminta maaf kepada para fan atas kegagalan mereka melangkah ke babak perempat final. "Kami sudah berusaha maksimal di lapangan, tapi ternyata tak cukup. Ini malam yang menyedihkan," sebut pelatih asal Argentina ini.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini