Kondisi sebuah kapal tanker setelah diserang di Teluk Oman, 13 Juni 2019. (Foto: Reuters)

Aksi Serangan Kapal Tanker, AS Tuduh Iran Dalangnya

Internasional 14 June 2019 02:10 WIB

Seorang pejabat Amerika Serikat ( AS) mengatakan diyakini Iran berada di balik serangan kapal tanker dengan torpedo di Teluk Oman.

Dua kapal tanker itu diserang di dekat kawasan strategis Selat Hormuz pada Kamis, 13 Juni 2019 dengan salah satunya mengalami kerusakan parah, dan kru-nya diselamatkan.

Kapal itu teridentifikasi bernama Front Altair yang tengah mengangkut naphtha serta kapal Kokuka Courageous yang membawa metanol ketika insiden itu terjadi.

"Sangat mungkin Iran telah menyebabkan serangan torpedo itu," ujar pejabat AS anonim tersebut kepada CBS News sebagaimana dikutip Daily Mirror.

Dia juga membantah klaim Teheran bahwa mereka sudah mengangkut 44 awak kapal tanker itu dan membawa mereka ke tempat aman yang berlokasi di Provinsi Hormozgan.

Dia menyebut justru kapal perusak berkekuatan rudal pandu USS Brainbridge yang datang dan menjemput 21 kru kapal. Dia juga menyebut sudah melihat laporan serangan.

Dalam laporan itu, salah satu dari awak kapal tanker meyakini dia melihat mereka diserang dengan torpedo atau ranjau laut. Namun laporan itu belum terkonfirmasi.

Insiden itu terjadi di tengah memanasnya hubungan antara AS dan Iran menyusul serangan terhadap empat kapal di Uni Emirat Arab (UEA) pada Mei lalu.

Pada 12 Mei, empat kapal tanker diincar di kawasan lepas pantai Fujairah, dengan Washington menuduh Iran menyabotase kapal itu demi menaikkan harga minyak.

Selain itu, insiden tersebut juga terjadi di tengah kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ke Teheran di mana dia juga membawa pesan dari Presiden AS Donald Trump. (ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 04:53 WIB

Mengapa AS Sangat Rentan Covid-19?

Ikhwan Setiawan

Analisis krisis tentang penanganan pandemi Covid-19 di Amerika.

02 Apr 2020 08:25 WIB

Polda Jatim Terima Bantuan 1.700 Disinfektan

Jawa Timur

Akan dibagi ke 39 Polres untuk penyemprotan

30 Mar 2020 09:50 WIB

Pangeran Harry Pindah ke Amerika, Trump Tarik Duit Keamanan

Internasional

Pangeran Harry dan istrinya pindah ke Amerika Serikat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.