Komjen Idham Azis. (Foto: Dok/Antara)

Aklamasi, Komisi III Setuju Idham Azis Kapolri

Nasional 30 October 2019 18:25 WIB

Secara aklamasi komisi III DPR akhirnya menyetujui Komisaris Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang kini diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri. Semua fraksi menyetujui calon tunggal yang dikirimkan Presiden Jokowi itu.

“Kami semua fraksi memiliki kesimpulan tidak perlu lagi membuat pandangan fraksi karena kami telah aklamasi menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery di ruang Komisi III, Senayan, Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

Keputusan aklamasi dari komisi III selanjutnya akan dikirimkan ke pimpinan DPR untuk diparipurnakan. Sesuai jadwal sidang paripurna persetujuan DPR akan digelar pada Kamis 31 Oktober 2019 besok.

“Tadi usai keputusan aklamasi kami langsung bersurat ke pimpinan DPR untuk dibawa ke paripurna besok Kamis,” ujar Herman.

Sementara itu saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III, Idham memaparkan tujuh program prioritas yang akan dia jalankan jika diberi tugas sebagai Kapolri. Tujuh program prioritas itu meliputi pengembangan SDM hingga penataan kelembagaan.

Idham juga menandatangani pakta integritas. Usai pemaparan Idham sempat mengutip kata bijak dari BJ Habibie.

"Kepada Tuhan saya tidak akan bertanya mengapa, kenapa dan bagaimana. Namun jika hamba diperkenankan mengajukan satu permohonan, maka berilah hamba petunjuk serta kekuatan untuk mengambil jalan yang benar sesuai dengan kehendak-Mu," kata Komjen Idham disambut riuh tepuk tangan di ruang Komisi III DPR.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Sep 2020 17:59 WIB

DPRD Banyuwangi Proyeksi PAD 2020 Turun 15 Persen

Jawa Timur

DPRD Banyuwangi rapat Pendapatan Asli Daerah (PAD).

28 Jan 2020 17:45 WIB

Ditanya Soal Harun di Mapolda, Arteria Malah Puji Firli Bahuri

Korupsi

Arteria tak mau memberi komentar terkait Harun Masiku.

28 Jan 2020 16:10 WIB

Anggota Komisi 3 DPR RI Pantau Pemeriksaan MeMiles di Mapolda

Kriminalitas

Komisi 3 DPR RI meminta agar polisi mendahulukan kepentingan rakyat banyak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...