Ajudan Jokowi Jadi Lulusan Terbaik Sekolah Militer AS

30 Nov 2019 06:40 Nasional

Ajudan Presiden Jokowi, Kapten Teddy Indra Wijaya, ramai jadi berbincangan setelah kabar soal dia yang jadi lulusan terbaik sekolah Militer di Amerika Serikat.

Teddy Indra Wijaya adalah perwira muda TNI yang lulusan dari akademi militer tahun 2011. Sehari-hari tugasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah menempuh pendidikan di AS, dia berhasil menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, Amerika Serikat. Tidak hanya jadi lulusan terbaik, dia juga mampu menyabet tiga penghargaan sekaligus.

Dilansir oleh laman resmi TNI AD, hal tersebut disampaikan Atase Militer Darat RI untuk Amerika Serikat, Kolonel Inf Hendri, Teddy Indra Wijaya harus menempuh pendidikan selama 5 bulan.

"Sekolah ini wajib bagi seluruh perwira Infantry US Army baik dari West Point (Military Academy), ROTC (The Reserve Officer Training Corps) dan OCS (Officer Candidate School)," terang Hendri.

Ada sebanyak 185 perwira siswa yang terdiri dari 171 US Army dan 14 Siswa Asing, juga dari Indonesia, Ukraina, Albania, Kosovo, Georgia, Lebanon, Saudi Arabia, Jordania, Nepal dan Chad Afrika.

Setelah pendidikan selesai ditempuh, Teddy Indra Wijaya berhasil menjadi luluasn terbaik sebagai International Honor Graduate Award. Ini merupakan penghargaan bagi siswa international yang meraih nilai tertinggi selama pendidikan.

Disamping itu, Teddy Indra Wijayajuga berhasil mendapat dua penghargaan tambahan yaitu Commandant List Award yakni siswa yang masuk 20% peringkat akademik dan jasmani dengan meraih peringkat ke 30 dari 185 siswa.

Teddy Indra Wijaya juga berhasil mendapat Gold APFT (Army Physical Fitness Test) atau Nilai Jasmani 100%.

Sebelumnya, nama Teddy Indra Wijaya sempat mencuat setelah Jokowi menghadiri acara siramannya jelang pernikahan pada 2018 lalu.

Soal prosesi siraman ini juga dibagikan oleh Komandan Paspampres, Mayjen Suhartono.
Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, @suhartono323, Mayjen Suhartono mengunggah video singkat bagaimana prosesi siraman berlangsung.

Suhartono pun menuliskan caption soal video siraman asisten ajudannya itu. “Sang asisten ajudan pun dimandikan Presiden.”

"Setelah 'jagong manten' anggota Paspampres pratu Andika Hartama di Markas Komando Paspampres Tanah Abang, Presiden menuju Pondok Gede untuk menghadiri acara adat siraman asisten ajudan Presiden Lettu Infantri Teddy Indra Wijaya, yang akan melangsungkan pernikahannya pada hari Selasa tgl. 11 September 2018.

Selanjutnya Presiden menuju Halim Perdana Kusuma untuk bertolak ke Seoul Korea Selatan dalam rangka kunjungan kenegaraan," tulis Suhartono.