Ketua DMI Kota Surabaya, Drs H Arif Afandi, MSi, bersama koleganya. (Foto: Dok/Ngopibareng.id)

9 Langkah Penting Cegah Pandemi COVID-19, Imbauan DMI Surabaya

Khazanah 26 March 2020 15:59 WIB

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya, Drs H Arif Afandi MSi, memperhatikan serius ikhtiar pencegahan pandemi Covid-19. Dengan mengeluarkan Surat Edaran yang mengingatkan 9 langkah pencegahan wabah global ini.

Seraya mengutip Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 22, "Sungguh, Allah Menyukai orang yang tobat dan Menyukai orang yang menyucikan diri", DMI Surabaya mengajak masjid-masjid di Surabaya untuk melakukan tindakan pencegahan.

Hal itu sesuai Sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam: “Janganlah yang sakit dicampurbaurkan dengan yang sehat”. (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

DMI mengingatkan kepada seluruh Takmir Masjid di Kota Surabaya, selama penyebaran wabah COVID-19 agar menjalankan petunjuk sebagai berikut :

Pertama:

Hendaknya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala serta meningkatkan Do’a dan melaksanakan Qunut Nazilah;

Kedua:

Adzan tetap dikumandangkan sesuai waktu shalat, dan karena dalam keadaan darurat shalat jamaah terbatas dengan jarak aman antar jamaah untuk tidak bersentuhan. Dan jika terjadi penularan Virus COVID-19 dengan potensi tinggi/zona merah hendaklah para jamaah melakukan shalat berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing.

Ketiga:

Karpet yang dipasang di masjid hendaknya digulung dan setiap hari agar masjid tetap dibersihkan dengan karbol atau sejenisnya.

Keempat:

Di Wilayah yang terjadi penularan Virus COVID-19 dengan potensi tinggi/zona merah yang ditetapkan oleh Pemerintah, maka Shalat Jumat di Masjid ditiadakan dan masing-masing jamaah menggantinya dengan Shalat Dhuhur di rumah masing-masing. Begitu pula untuk Shalat Tarawih pada bulan Ramadhan nanti, jika Pemerintah masih menetapkan wabah penyebaran COVID-19 sebagai wabah pandemi di wilayah masingmasing.

Kelima:

Berbagai acara dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan jamaah dalam jumlah banyak seperti pengajian, pertemuan-pertemuan atau kegiatan sosial agar ditunda pelaksanaannya sampai wabah COVID-19 dinyatakan aman oleh Pemerintah.

Keenam:

Bagi jamaah yang sakit atau gejala terinfeksi COVID-19 disarankan untuk beribadah di rumah dan bagi jamaah yang sudah terkonfirmasi positif terjangkit virus COVID-19, maka hukumnya haram menghadiri kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak masa semisal shalat Wajib berjamaah di Masjid atau Shalat Jumat.

Ketujuh:

Takmir Masjid hendaknya menyediakan sabun cuci tangan di tempat wudhu diikuti dengan instruksi kepada jama’aah untuk mencuci tangan sempurna dengan sabun, sebelum berwudhu.

Kedelapan:

Takmir Masjid sedapat mungkin menyediakan hand sanitizer di depan pintu masjid, dan menyiapkan petugas untuk mengontrol jamaah agar menggunakan hand sanitizer tersebut.

Kesembilan:

Seluruh jamaah masjid agar meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan pribadi, lingkungan dan mengikuti protokol pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Dikeluarkan Surat Edaran No.1, tentang pencegahan penyebaran Covid-19, dengan Nomor : 019/PD-DMI/SBY/III/2020, terganggal 26 Maret 2020. Hal itu berdasar imbauan Dewan Masjid Indonesia Edaran Ke-2 Mencegah Penyebaran Covid-19 Nomor : 061/PP DMI/A/III/2020

Selain itu, menurut Demikian sebagaimana dijelaskan Arif Afandi, juga berdasar Tausiyah III Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur Menyikapi Perkembangan Kasus Corona Virus Disease (Covid-19) di Jawa Timur, dan Keputusan Bahtsul Masail Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur tentang COVID-19.

Juga Surat Edaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Nomor 1764/EDR/II.0/H/2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terkait Wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

09 Aug 2020 09:39 WIB

Film Forbidden Kingdom: Misi Menjaga Tongkat Emas Raja Kera

Film

Misi menjaga tongkat emas di film Forbidden Kingdom.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...