17 Anak Berkebutuhan Khusus Ikuti UNBK

01 Apr 2019 17:35 Jawa Timur

Sejumlah anak berkebutuhan khusus di Lamongan, Jawa Timur, hari ini mengikuti UNBK serentak. Berdasarkan data, jumlah persis anak berkebutuhan khusus di Lamongan adalah 17 orang siswa. Meskipun jumlahnya sedikit, mereka tetap memiliki hak yang sama seperti siswa umum lainnya. Jadi total perserta UNBK tingkat SMA di Lamongan, sekolah negeri dan swasta, sejumlah 6.634 siswa.

Fadeli, Bupati Lamongan, mengatakan, kualitas pendidikan di Lamongan masih termasuk yang terbaik. Itu kalau indikator yang digunakan adalah jumlah lulusan SMA yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

Menurut Bupati, tahun ini ada 476 pelajar Lamongan yang diterima PTN melalui jalur SNMPTN. “Terbanyak dari SMAN 2, SMAN 1 dan MAN Lamongan. Kami nomor satu setelah Surabaya,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan UNBK, Senin 1 April 2019.

Sementara itu, Sri Yuliasih, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, wilayah Kabupaten Lamongan, menegaskan, UNBK tahun ini sudah dipersiapkan secara maksimal. Menurutnya, seluruh lembaga pendidikan sudah memiliki genset untuk antisipasi. Selain itu dia juga sudah menjalin komunikasi dengan Telkomsel agar tidak terjadi gangguan internet. (tok)

Penulis : Totok Martono
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini