Plt Walikota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu bersama adiknya, Helmy Said. (Foto: Instagram)
Plt Walikota Palu, Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu bersama adiknya, Helmy Said. (Foto: Instagram)

5 Fakta Adik Pasha Ungu sempat Jadi Buron Kasus Narkoba

Ngopibareng.id Kriminalitas 13 October 2020 01:45 WIB

Adik kandung Pasha 'Ungu', yakni Iunan Helmy Said, ditangkap terkait kasus narkoba. Anak keenam dari 10 bersaudara itu diamankan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) setelah sempat buron.

Ditangkapnya Helmy ikut menyeret nama sang kakak. Seperti diketahui, Pasha 'Ungu' yang bernama asli Sigit Purnomo Syamsuddin Said itu tengah menjabat sebagai Plt Walikota Palu.

Pasha sudah berusaha menjenguk adiknya, namun ayah 7 anak itu tidak bisa bertemu. Meski demikian, Pasha sudah menerima hasil tes urine Helmy positif narkoba.

Berikut ini 5 fakta adik Pasha 'Ungu' yang ditangkap BNN karena kasus narkoba:

1. Berawal dari penggerebekan BNN

Kabid Pemberantasan BNNP Sulteng AKBP Baharuddin mengungkap, pihaknya telah melakukan penggerebekan narkoba di Kecamatan Tatanga, pada 5 Oktober 2020. Mereka berhasil mengamankan 6 orang, sementara 4 orang melarikan diri.

2. Sempat melarikan diri

Helmy adalah satu dari empat orang yang berhasil melarikan diri saat penggerebekan. Namun, jejak Helmy segera diketahui setelah BNN melakukan pengembangan kasus.

"Keesokan harinya pengembangan dilakukan kembali dan berhasil mengamankan seorang lelaki inisial H, yang sebelumnya kabur saat ditangkap," ucap Baharuddin.

3. Masuk dalam daftar DPO

Helmy ternyata sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Utara (Sulut). Anggota DPRD provinsi sulawesi tengah periode tahun 1999-2004 itu ternyata ikut terkait dengan kasus narkoba yang terjadi tahun lalu.

4. Barang bukti sabu

Saat operasi penggerebekan, BNNP mengamankan beberapa barang bukti. Ada 15 paket sabu, 7 kartu ATM, 7 unit ponsel, alat isap, serta uang tunai Rp5,5 juta disita dari tangan para pengguna.

5. Dukungan Pasha

Usai berita penangkapan adiknya, Pasha 'Ungu' terlihat memberikan semangat dan dukungan. Di akun Instagram miliknya, pria 40 tahun itu menganalogikan dukungan seperti mengayuh sepeda.

"Teruslah kayuh sepedamu adikku sayang, jangan berhenti..! Nggak usah dengerin suara-suara sumbang yang bisa jadi menghambat perjalananmu mencapai finis," tulis Pasha, dikutip Senin 12 Oktober 2020.

"Awalnya pasti terasa lelah bahkan menyesakkan, tapi percayalah dengan kesabaranmu dan keyakinan kita semua insya Allah kau akan jadi pemenangnya seperti yang tampak dari senyum manismu di slide pertama dan kedua.. -dari abang Pashamu yang akan selalu ada untukmu, menyayangi dan mencintaimu-. We all family," sambungnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 06:15 WIB

MAJU Komitmen Kembangkan Ekosistem Ekonomi di Surabaya

Pilkada

Akan berikan wadah pengembangan potensi pemuda

29 Nov 2020 05:10 WIB

Surat Pernyataan Rizieq Syihab Tolak Publikasikan Hasil Swab

Nasional

Beredar surat pernyataan Rizieq Syihab menolak publikasikan hasil swab.

29 Nov 2020 03:07 WIB

Jangan Diam atas Kejahatan, Kata Sayidina Ali bin Abi Thalib

Islam Sehari-hari

Tindakan dan aksi-aksi anti-kemanusiaan tak dibenarkan agama apa pun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...