Helmy Yahya, mantan Direktur Utama TVRI. (Foto: Dok. TVRI)

5 Alasan Dewan Pengawas 'Pecat' Helmy Yahya sebagai Dirut TVRI

Nasional 19 January 2020 16:46 WIB

Helmy Yahya diberhentikan dari posisinya sebagai Direktur Utama TVRI sejak Kamis, 16 Januari 2020. Pemberhentian terebut tertuang dalam surat dari Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, bernomor 8/Dewas/TVRI/2020.

Surat itu ditandatangani Ketua Dewas TVRI, Hidayat Thamrin, dan tiga anggota dewan lainnya. Namun salah satu amggota tidak ikut serta tanda tangan di surat tersebut. Surat tersebut memuat lima poin yang menjadi dasar pembehentian Helmy Yahya.

Berikut ini faktanya:

1. Helmy Yahya dipecat karena tidak menjawab atau memberi penjelasan mengenai pembelian program siaran berbiaya besar, antara lain Liga Inggris, dari pelaksanaan tertib adminstrasi anggaran TVRI.

2. Terdapat ketidaksesuain pelaksanaan rebanding TVRI dengan rencana kerja yang ditetapkan dalam RKAT dan RKA-LPP. Hal tersebut mengakibatkan honor SKK (Satuan Kerja Karyawan) tidak terbayar tepat waktu. Dan kegiatan produksi siaran tidak dapat mencapai target dikarenakan tidak tersedia anggaran untuk kegiatan produksi.

3. Beberapa dokumen menyatakan sebaliknya dari jawaban terhadap penilaian pokok-pokok SPRP. Antara lain, LHP BPK RI, menilai terkait program-program yang disebutkan dalam SPRP belum sesuai ketentuan. Dan adanya mutasi pejabat struktural yang tidak sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria manajemen ASN.

4. Helmy Yahya diduga telah melakukan pelanggaran beberapa asas AUPB cfm. Undang-undang nomor 30 tahun 2014, tentang administrasi pemerintahan, yakni asas ketidakberpihakan, asas kecermatan, dan asas keterbukaan, terutama berkenaan penunjukan/pengadaan kuis Siapa Berani.

5. Dewan pengawas menyatakan tidak menerima pembelaan Helmy Yahya yang ditulis sebanyak 1.200 halaman.

Kabar pemberhentian Helmy Yahya sudah sampai ke telinga sang kakak, Tantowi Yahya. Ia pun memberikan dukungan kepada Helmy Yahya lewat postingan Instagramnya. Tantowi Yahya yakin persoalan ini bisa diatasi dan akan membuat sang adik kian bersinar.

“Stay strong my brother! Gold is Gold. This will make you bigger. You’ll never walk alone…,” tulis Tantowi Yahya, sambil mengunggah fotonya bersama Helmy Yahya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:55 WIB

Artis Minta Maaf dan Unjuk Rasa Bikin Omnibus Law Viral

Reportase

Aksi menolak RUU Cipta Kerja pecah di berbagai daerah.

14 Aug 2020 18:38 WIB

Beberapa Mantan Pemain Persebaya Merapat ke Eri Cahyadi?

Pilkada

Tindakan mereka diprotes keras Bonek Mania.

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...