Sekitar 400 pengilan ikut boikot Facebook. (Ilustrasi/Unsplash.com)

400 Perusahaan Cabut Iklan dari Facebook

Aplikasi 02 July 2020 01:31 WIB

Sedikitnya 400 merk telah menarik iklan mereka dari Facebook, mengikuti gerakan boikot Facebook. Raksasa media sosial itu pun berencana melakukan pertemuan dengan kelompok yang memulai kampanye boikot Facebook, selain rapat bersama sejumlah mitra pengiklan mereka.

Jajaran eksekutif Facebook termasuk Wakil Presiden Solusi Bisnis Global Carolyn Everson dan Neil Pots, Direktur Kebijakan Publik, dikabarkan melangsungkan pertemuan dengan para pengiklan, pada Selasa 30 Juni 2020. Sesaat setelah kampanye boikot Facebook selama satu bulan bergema.

Namun, jajaran eksekutif tak memberikan penawaran baru terkait upaya Facebook memberantas ujaran kebencian, kata sebuah sumber yang dikutip Reuters. Bahkan, pertemuan itu merekomendasikam siaran pers yang membuat para pengiklan frustasi, lantaran Facebook bergeming.  "Itu tak berdampak," kata salah satu eksekutif menyampaikan hasil pertemuan itu.

Sementara, pimpinan Facebook Mark Zuckerberg menyepakati untuk bertemu dengan penggagas gerakan boikot tersebut. Kelompok yang terdiri dari Liga Anti Fitnah, NAACP dan Color of Change, memulai kampanye "Stop Hate for Profit" atau hentikan mendulang keuntungan dari kebencian. Kampanye ini muncul mengikuti tewasnya George Floyd, di tangan sejumlah polisi.

Kelompok ini mengajukan 10 tuntutan pada Facebook. Salah satunya, memberikan ruang pada orang yang mengalami kekerasan untuk berbicara dengan pegawai Facebook, dan mengembalikan uang pada pengiklan dengan konten yang bermasalah, sebelum kemudian dihapus.

Sebelumnya, Facebook mengaku akan mengaudit kontrol atas ujaran kebencian, dan berencana memberi label konten yang melanggar kebijakan mereka. Langkah ini terbilang ketinggalan jika dibandingkan dengan Twitter.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 23:00 WIB

Boneka Baru BTS sudah Bisa Dipesan di Aplikasi Digital

ngopiK-pop

ARMY, fans BTS, di Indonesia sudah bisa pesan boneka terbaru BTS.

12 Aug 2020 22:35 WIB

Satu Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Terpapar Covid-19

Jawa Timur

Terdapat tambahan tujuh kasus Covid-19 baru di Banyuwangi.

12 Aug 2020 22:15 WIB

Surabaya Zona Orange, Pemkot Tak Ingin Longgarkan Protokol Covid

Surabaya

Pemkot Surabaya tetap mengimbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...