200 Penari di Kota Malang Peringati Hari Tari Sedunia

27 Apr 2019 21:49 Reportase

Sejak pagi hari lebih dari 200 penari dari berbagai sanggar tari di Kota Malang melakukan pertunjukan tari di Alun-alun Kota Malang, Sabtu 27 April 2019. Pertujukan tari yang berlangsung hingga malam hari ini, dalam rangka memperingati Hari Tari Internasional yang jatuh setiap tanggal 29 April 2019.
Pengunjung pun antusias menyaksikan pertunjukan tari. Luca, seorang warga negara Portugal bersama pasangannya Carla, mengungkapkan ketertarikannya terhadap pertunjukan tari yang mayoritas merupakan tari tradisional Indonesia tersebut. Menurutnya tarian-tarian yang disajikan memiliki gerakan yang indah.
Selain pasangan turis mancanegara, warga Malang yang sedang asyik menikmati akhir pekan di Alun-alun Kota Malang juga terhibur dengan adanya pertunjukan tari yang diinisiasi oleh Sanggar Tari Karawitan Asri Kusuma Universitas Negeri Malang (STK-AK UM) ini.
Seperti halnya Zulhan, siswa yang masih duduk di kelas dua SMA ini mengaku kalau sebelumnya tidak tahu ada Hari Tari Sedunia. “Baru tahu kalau senin itu hari tari, senang sih ada acara kayak gini. Biasanya akan cuma duduk-duduk aja, sekarang ada hiburannya,” ujar Zulhan yang sedang menonton penampilan tari bersama-sama temannya.
Feren Cantik Chanada, selaku penyelenggara menceritakan kalau antusias yang tinggi juga datang dari para penari. Hanya dalam waktu sebentar, banyak penari dari sekitar lima sanggar yang ada di Kota Malang berkenan meramaikan acara peringatan Hari Tari Sedunia ini.
Tidak hanya tari tradisional, semua jenis tari boleh tampil dalam agenda ini. “Ada banyak juga yang suka K-Pop (budaya korea), boleh juga kok tampil di sini,” ujar mahasiswi Pendidikan Seni Tari dan Musik ini.
Feren menjelaskan kalau acara ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya, baik itu budaya tradisional maupun Internasional. Dengan penampilan di muka publik sebagai bentuk apresiasi terhadap penari itu sendiri.
Seperti diketahui, Unesco telah menetapkan Hari Tari Sedunia jatuh setiap tanggal 29 April yang juga merupakan hari kelahiran pencipta tari balet modern dari Prancis, yakni Jean-Georges Noverre 29 April 1727.

Reporter/Penulis : Fajar Dwi Ariffandhi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini