Tampilan aplikasi Gapura UB di telepon genggam (Theo/ngopibareng.id)

Aplikasi Gapura UB Sedot 12 Ribu User selama 12 Hari

Pojok Unibraw 17 January 2020 21:46 WIB

Aplikasi Gapura Universitas Brawijaya (UB) telah diunduh oleh 12 ribu lebih pengguna, sejak diluncurkan pada 5 Januari 2020. Aplikasi ini merupakan sistem informasi layanan terpadu terkait informasi di UB.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) UB, Achmad Basuki, mengatakan aplikasi Gapura UB merupakan wujud moto dari TIK UB yaitu 'Satu Aplikasi Banyak Kemudahan'.

"Di sini pengguna disuguhkan informasi seputar jumlah fakultas dan statistiknya, kalender akademik dan masih banyak lagi," ujarnya pada Jumat 17 Januari 2020.

Achmad merinci, dari 12 ribu lebih pengguna yang telah mengunduh aplikasi Gapura UB, 10 ribu di antaranya merupakan pengguna android dan 2.700 merupakan pengguna ios.

"Responnya positif, ratingnya bagus dan banyak masukan, pengguna yang banyak kan mahasiswa dan dosen, meski saat ini konsepnya masih baca informasi, kedepan akan kami integrasikan demi pelayanan lebih baik," tuturnya.

Acmad menjelaskan, kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi ini yaitu terkait akses informasi. Satu aplikasi, dapat menampilkan banyak informasi termasuk menampilkan menu yang berbeda antara dosen, mahasiswa, karyawan, orang tua dan pengunjung biasa.

Mahasiswa bisa mengakses semua informasi hanya dengan login menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Menu yang tersaji pun akan berbeda dengan pengunjung biasa.
Terdapat informasi khusus, contohnya melihat profil mahasiswa, status, pembayaran biaya kuliah dan tagihan, waktu pembayaran, rekap hasil studi di masing-masing semester, dan lain sebagainya.

"Buat orang tua pun juga beda, bisa melihat perkembangan studi anaknya, demikian pula bagi dosen bisa melihat jadwal mengajarnya, mahasiswa bimbingan akademiknya, dan ada informasi mengenai remunerasi," tutupnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2020 19:50 WIB

Anjungan Dukcapil Mandiri Pertama di Kabupaten Magetan

Nasional

Anjungan Dukcapil Mandiri memudahkan pelayanan publik.

25 Feb 2020 19:40 WIB

Polda Jatim Uji Forensik Obat Kuat Ilegal

Kriminalitas

Ramuan herbal sudah tercampur bahan kimia Sildinafil.

25 Feb 2020 19:30 WIB

5 Hari Mogok Makan, Warga Tumpang Pitu Mulai Jatuh Sakit

Jawa Timur

Warga ini mengeluh demam dan lemas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.