Indonesia Siap Geser Brasil Jadi Eksportir Kopi Dunia

Indonesia Siap Geser Brasil Jadi Eksportir Kopi Dunia

DITULIS USER

Yahya Adi S
ngopiNEWS 17 Dec 2016 WIB

ngopibareng.id – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memilki keinginan ingin mampu menggeser Brasil sebagai penyuplai kopi terbanyak di dunia.

Untuk merealisasikannya pemerintah harus mampu berkerjasama dengan para petani kopi agar dapat mencapai target yang diharapkan.

Jajaran Kementerian yang dipimpin oleh Thomas Trikasih Lembong tersebut beserta jajaran  berencana menggenjot besaran eskpor kopi ke negara-negara tujuan seperti Italia dan Amerika Serikat. “Indonesia harus bisa menjadi penyuplai kopi peringkat pertama dunia,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN), Nus Nuzulia Ishak akhir pekan kemarin dikutip dari CNNIndonesai.com

Dalam lima tahun terakhir, angka ekspor kopi Indonesia ke Italia terus mengalami peningkatan sekitar 10,14 persen. Bahkan, di sepanjang periode Januari hingga Juni 2015 angka kopi Indonesia telah menyentuh angka US$ 69,64 juta atau meningkat 65,86 persen ketimbang posisinya di periode yang sama tahun lalu US$ 44,21 juta. Saat ini Indonesia sudah mampu berada di peringkat lima dari deretan negara-negara pengekspor kopi terbanyak di dunia setelah Brasil, Vietnam, Kolombia, dan Jerman.

Di kutip dari laman CNNIndonesia.com Kementerian Perdagangan mengatakan Berangkat dari hal tersebut, akan terus melakukan sosialisasi mengenai produk kopi olahan Indonesia. “Budaya minum kopi begitu erat di Italia. Kita (akan terus) kenalkan racikan kopi terbaik nusantara. Kemudia pasar kopi yang begitu tinggi ini hendak kita rebut dan alihkan dari biji kopi menjadi kopi olahan,” tutur Nus. (wsn)

Penulis : Yahya Adi S

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.