Motivation Clinic Kelas XI IPA 3 MAN Kota Surabaya

Motivation Clinic Kelas XI IPA 3 MAN Kota Surabaya

DITULIS USER

wiji lailatul jum'ah
ngopiNEWS 05 Mar 2017 WIB

Motivation Clinic kelas XI IPA 3  MAN Kota Surabaya

Menciptakan kelas yang dinamis dengan kondisi sisiwa yang bersemangat untuk belajar, kompak dalam bersinergi dengan program madrasah,  merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Perlu beberapa tahapan untuk mencapainya. Motivation Clinic and Out Bond yang diselenggarakan oleh siswa kelas XI IPA 3 MAN Kota Surabaya adalah salah satu upaya untuk mencapainya.

 

Klinik motivasi dan out bond, yang dilaksanakan siswa kelas XI IPA 3 MAN Kota Surabaya  pertengahan Februari lalu  adalah salah satu upaya untuk menumbulkan motivasi belajar pada siswa. Kegiatan yang diprakarsai oleh Wiji Lailatul Jum’ah, wali kelas XI IPA 3 MAN Kota Surabaya ini bekerjasama dengan MOUNT, yaitu sebuah lembaga training motivasi yang bergerak dibidang  pelatihan motivasi.

“Tujuan  kegiatan ini adalah menumbuhkan motivasi belajar pada siswa. Harapannya, setelah kegiatan ini, siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Selain itu, substansi kegiatan ini juga membentuk tim building dan kelas yang dinamis, jelas Wiji di tengah kegiatan.

Klinik motivasi ini, diawali pada Jum'at (17/2) di ruang kelas XI IPA 3.  Dipandu oleh trainer MOUNT yang merupakan mahasiswa  fakultas psikologi UINSA dan UNESA,  42 siswa yang mengikuti kegiatan terlihat antusias.

 

Gelak canda pun  muncul dari mereka sehingga suasana terlihat hidup dan menyenangkan. Jelas saja, acara ini sangat disambut siswa dengan wajah berseri seri. Lantaran kemasan acara yang disuguhkan melibatkan banyak simpul. Ada game in door, ada alunan musik yang selalu mengiringi acara, ada materi motivasi dengan slide dan gambar gambar menarik, video, dan figur orang sukses yang dijadikan contoh oleh trainer dari MOUNT. Pada sesi ini, diakhiri dengan hypnotherapy selama 30 menit. Dalam hypnotherapy ini ada semacam  doktrinasi kepada siswa yang mengarah pada motivasi belajar, patuh pada orang tua dan guru.

“Wuih acaranya seru banget Bu, “ komentar sebagian besar siswa.

            Sesi kedua dilaksanakan pada Sabtu (18/2) di Taman Flora II Surabaya. Sesi kedua adalah out bond. Tujuan out bond ini adalah membentuk tim building. Sesi out bond tak kalah menariknya dengan sesi sebelumnya.

            Pada sesi ini, siswa disebar dalam empat titik dan empat kegiatan. Dengan dipandu oleh lima orang trainer, mereka menyusuri taman Flora untuk menemukan tanda MOUNT yang disebar oleh para trainer itu. Pada setiap titik, ada seorang trainer yang mengarahkan game out bound yang menarik.

Tentunya, sesi out bond menjadi salah satu moment refreshing tersendiri bagi siswa. Sebab, mereka digiring untuk menyatu dengan alam, menghirup udara segar, dan menikmati indahnya taman flora II yang begitu mempesona.

Penulis : wiji lailatul jum'ah

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.