Wapres mengapresiasi upaya Nippon Foundation.

16 Nov 2017 01:42   Pemerintahan
Wapres mengapresiasi upaya Nippon Foundation.

Jakarta-wapresri.go.id. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyampaikan terima kasih atas upaya Nippon Foundation di Indonesia yang membantu memberantas penyakit kusta.  Hal ini disampaikan Wapres saat menerima Yohei Sasakawa, Chairman Nippon Foundation, di kantor Wapres, Selasa 15/11.  

Menurut Wapres, pada zaman dahulu, pengidap kusta seringkali dihindari dan disembunyikan oleh keluarga dan menempati kedudukan yang sangat rendah. “Namun kondisi ini sudah banyak berubah, banyak pengidap kusta disembuhkan, antara lain juga berkat lembaga semacam (Nippon Foundation) ini,” ujarnya.

Menurut Sasakawa, dengan kemajuan pengobatan, penyakit kusta dapat disembuhkan, namun diskriminasi yang menimpa para pengidapnya yang sering kali menjadi masalah. “Para mantan pengidap kusta seringkali mendapat diskriminasi, diantaranya sulit mendapat pekerjaan, ini yang memerlukan keterlibatan berbagai pihak,” kata dia.

Sasakawa melalui Nippon Foundation telah mencurahkan perhatian untuk memberantas penyakit kusta selama lebih dari 40 tahun. Selain bidang kesehatan, di Indonesia, Nippon Foundation juga memberi perhatian pada upaya menjaga agar Selat Malaka dapat menjadi jalur laut yang aman, mengingat Selat Malaka merupakan jalur yang sangat padat dan penting.

 

Nippon Foundation didirikan pada tahun 1962 filantropis yang berkegiatan di Jepang dan seluruh dunia. Pada awalnya, Nippon Foundation berkegiatan terutama dalam bidang kelautan dan perkapalan, namun seiring perkembangan, kegiatannya meluas ke bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan lain-lain yang hingga saat ini dijalankan di lebih dari 100 negara. (AKS, KIP-Setwapres)