Wapres JK: Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Wapres JK: Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 08 Jul 2017 WIB

Jakarta-wapresri.go.id (8/7 2017). Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla Kembali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan  dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI). Hal itu disampaikan dalam sambutannya acara Pesta Bolon Simbolon 2017 di Stadion Soemantri Brojonegoro Kuningan Jakarta, Sabtu 8/7.

“Semua itu adalah kekuatan bangsa ini. Karena itulah bangsa ini semua bersatu karena dia berbeda. Kita berbangga dan bersenang hati, bahwa kita selalu memperjuangkan seluruh hal ini, NKRI”, tuturnya.

Wapres menilai Pesta Bolon Simbolon yang di di gelar har ini sebagai bukti adanya keberagaman adat kebiasaan suku-suku yang dimiliki  Indonesia yang terlihat indah dan menjadi kekuatan Bangsa.

” Suatu Kekuatan bangsa ini justru karena perbedaan. Kita lihat bagaimana keragaman begitu indah dan kuat”, ungkapnya.

Lebih jauh Wapres menceritakan ciri khas dari suku Batak yang dinamis, berbicaranya apa adanya menandakan keterus terangan dan keterbukaan. Kemudian suku padang sambung Wapres,  selalu indah dalam berbahasa, suku Jawa mempunyai ketenangan. “ yang sangat penting mempunyai sistem yang berbeda-beda untuk kita semua” tuturnya.

 

“Coba bayangkan negeri ini apabila pecah belah, orang Batak, Sulawesi ke Jawa harus pake paspor. Orang Sulawesi harus pake paspor untuk apapun, untuk mendatangi satu sama lain”, imbuhnya

Mengakhiri sambutannya, Wapres mengapresiasi  atas upaya kerja kerasnya dalam penyelenggaraan acaranya dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. “Karena itulah saya tentu ucapkan sekali lagi ucapan selamat dan terimakasih atas acara yang sangat bermakna ini. semoga kita selalu bersama sama selalu berjuang akan kesatuan kebersamaan kita disamping kita menciptakan negara yang maju dan adil ”, tutup wapres yang langsung disambut tepuk tangan dari keluarga besar Simbolon.

 

Sebelumnya Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wapres dan melaporkan bahwa Pesta Bolon Simbolon 2017 ini, yang rangkaian acaranya meliputi; Pekan Olahraga, seni budaya dan adat istiadat Batak yang di gelar di Kuningan, Jakarta, pada tanggal 3-9 Juli 2017.

"Pesta bolon ini kami laporkan telah berlangsung 6 hari dan besok akan ditutup lomba lari 10 kilo. Sebagai pekan raya mayarakat adat semoga ini bisa mewabah di bumi Indonesia," katanya

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum terpilih PSBI 2017-2022 Effendi Simbolon beserta Dessy Trinite Simbolon menyematan kain ulos kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Maksud dan tujuan paguyuban ini adalah untuk melestarikan warisan nikai-nilai masyarakat adat Batak yang di wariskan oleh leluhur Marga Sinbolon, dan turut serta memberdayakan anggota dalam mencapai kesejahteraan Jasmani dan rohani. Saat ini kepengurusan Wilayah PSBI telah tersebar di 106 wilayah di seluruh Indonesia dengan jumlah anggotanya sekitar 300.000 orang dengan basis massa terbanyak di Dairi, Samosir, Medan dan Riau.

Turut mendampingi Wapres pada acara tersebut Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto (KIP-Setwapres).

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.