Jepang berharap kemitraan strategis Indonesia-Jepang ditingkatkan
Wapres jabat tangan Toshimitsu Motegi

Jepang berharap kemitraan strategis Indonesia-Jepang ditingkatkan

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 27 Jul 2017 WIB

 

Jakarta-wapresri.go.id. Wakil Presiden (Wapres) menerima kunjungan kehormatan Toshimitsu Motegi, Ketua Dewan Kebijakan Partai Demokrat Liberal di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (27/7/2017). 

Dalam kunjungannya, Motegi menyampaikan keinginan Jepang untuk memberikan kontribusi pada perkembangan Indonesia khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur berkualitas dan kemaritiman.  

Ia juga mengajak Indonesia bekerjasama dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan menyusul berbagai ketegangan yang terjadi di kawasan akhir-akhir ini.

“(Bagi) kami sangat memungkinkan penyelesaian masalah (di kawasan) berdasarkan UU internasional. Oleh karena itu kami ingin meningkatkan kerjasama di bidang penegakan hukum dilaut juga”, ujarnya.

Indonesia dan Jepang sudah sejak lama memiliki hubungan kerjasama yang baik dibidang ekonomi, perdagangan, dan investasi khususnya dalam pembangunan infrastruktur.  Proyek-proyek infrastruktur ini merupakan proyek prioritas dalam kerjasama Indonesia-Jepang. 

“Saya sependapat kita lanjutkan hubungan itu dengan baik khususnya bidang maritim. Memang Indonesia ingin menghubungkan pulau-pulau (di Indonesia) dengan baik dan juga banyak kerjasama (lainnya) dengan Jepang seperti kereta api di Jawa dan pelabuhan Patimban”, ujar Wapres. 

Wapres mengungkapkan bahwa Indonesia juga sangat prihatin terhadap situasi politik dan keamanan di kawasan dan berharap agar ketegangan di Laut Cina Selatan dan di Asia Timur dapat diselesaikan melalui dialog dan penyelesaian politik.

“Indonesia berpendapat bahwa itu (hukum international) harus selalu ditaati supaya ada ketertiban dan ada keamanan di daerah itu”, terang Wapres.

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan Indonesia dalam waktu dekat akan mengeluarkan peta baru Indonesia yang menyebutkan wilayah laut di sekitar Pulau Natuna sebagai Laut Natuna Utara sehingga dapat menegaskan bahwa wilayah tersebut adalah milik Indonesia, meskipun masih menjadi pertentangan bagi China. 

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga mengajak perusahaan-perusahaan Jepang untuk berpartisipasi menjadi sponsor pada event olahraga Asian Games XVIII tahun depan yang dituanrumahi Indonesia.

“Indonesia tahun depan menjadi tuan rumah daripada Asian Games. Saya harapkan juga bahwa Jepang dapat mendukung dan perusahaan-perusahaan Jepang kita harapkan dapat turut serta mensponsori Asian Games karena itu sangat penting juga untuk semua negara-negara di Asia”, pungkasnya.

Selain Toshimitsu Motegi, turut hadir dalam pertemuan tersebut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, Wakil Ketua Dewan Kebijakan Partai Demokrat Liberal Shigeyuki Goto, Sekretaris Ketua Dewan Kebijakan Partai Demokrat Liberal Yoshiharu Yamazaki, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, dan Asisten Deputi Hubungan Luar Negeri Mohamad Siradj Parwito ( Amelia Mayarni, KIP-Setwapres)

 

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.