Wapres JK Dorong Peningkatan Produksivitas Pertanian

Wapres JK Dorong Peningkatan Produksivitas Pertanian

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 01 Jul 2017 WIB

Makasar-wapresri.go.id (1/7 2017). Mengakhiri liburan di kampung halamannya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyempatkan diri untuk bertemu dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Selatan di Hotel Rinra Makasar, Sabtu 1/7 2017.

Dalam pertemuannya Wapres mengungkapkan bahwa terkadang  ekonomi di Sulawesi ini terbalik dengan ekonomi nasional.  Hal tersebut ditunjukkan pada saat krisis ekonomi di tahun 1998 dimana dolar saat itu naik mencapai Sembilan belas ribu rupiah. “Perkembangan ekonomi kita meningkat, itu pada waktu  krisis, 98, pada saat di Jawa menurun, disini naik”, katanya.

Kondisi tersebut menurutnya berkat adanya  program peningkatan produksi  pertanian pada sepuluh tahun sebelum krisis yang ia gagas saat menjabat sebagai ketua Kadin Sulawesi Selatan. “semua orang senang disitu (Sulawesi Selatan) itulah maka  kenapa ekonomi berhasil karena produksi Sulawesi Selatan di tingkatkan kususnya yang ada hubungannya dengan makanan. Yang naik udang, coklat, kopi, jagung”, imbuhnya.

Wapres menambahkan kebutuhan akan bahan makanan  tidak akan berpengaruh terhadap melemahnya ekonomi dunia. “Apapun turunnya ekonomi dunia ini makanan tidak, kenapa ini naik,  jadi kita bertahan di situ” ucapnya.

Lebih lanjut Wapres mengakui strateginya beberapa tahun yang lalu yang dalam  perencanaannya ia rubah dari ekonomi agro, agro ekonomi menjadi agro industry. “ karena itu coklat harus di olah, kopi sudah di olah dan sudah banyak usaha seperti itu”, tuturnya.

Wapres juga memaparkan bahwa majunya ekonomi di suatu daerah, negara  di pengaruhi oleh 3 hal, yang pertama produktivitas pertanian oleh masyarakat, kedua industry, ketiga jasa. 

Mendengar laporan dari gubernur dan masyarakat, Wapres pun mensyukuri atas pesatnya pertumbuhan pembangunan Sulawesi Selatan baik di bidang ekonomi dan infrastruktur. “ seperti yang selalu di laporkan oleh gubernur, pertumbuhan ekonomi kita lebih timggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, kita mensyukuri itu. Orang yang ke Makasar,  mengapresiasi pertumbuhan Makasar banyak fasilitas, hiburan, hotel, pertokoan dan macam-macam”, ucapnya.

Menutup sambutannya Wapres mengajak masyarakat untuk bersama-sama memajukan desanya dengan lebih kreatif lagi.

“Bagaimana spirit enterprenur bisa berkembang  di pedesaan  sehingga masyarakat di desa lebih kreatif, dan meningkat pendapatannya, itulah harapan saya”, pungkasnya,

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Ketua Kadin Sulawesi Selatan Zulkarnain Arief, dan jajaran pengurus Kadin Sulawesi Selatan serta tokoh dan pengusaha Sulawesi Selatan. Selanjutnya Wapres beserta ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan terbatas Sore hari ini sudah tiba di Jakarta (KIP- Setwapres).

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.