Wapres: Baznas Dorong Umat Berwira usaha

Wapres: Baznas Dorong Umat Berwira usaha

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
Pemerintahan 05 Oct 2017 WIB

Jakarta-wapresri.go.id. Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap Muslim, karena memegang peranan penting dalam mengurangi kemiskinan dan kesenjangan disamping untuk perjuangan dakwah.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla saat meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi Zakat Nasional 2017 di Hotel Mercure, Ancol Jakarta Utara, Rabu (4/10/2017).

“Tentu hal ini sudah menjadi suatu keinginan dan cita-cita, bahwa bagaimana zakat itu sesuai dengan tujuannya bermanfaat kepada umat, khususnya mengurangi atau menghapus fakir miskin, dan juga perjuangan berdakwah dan tujuan-tujuan lainnya,” Ujarnya.

Oleh karena itu dalam pertemuan Rakornas Zakat 2017, Wapres menekankan, agar Badan Amil, Zakat Nasional (Baznas) mengupayakan peningkatan Muzakki dengan mendorong umat untuk berwirausaha, dan enterpreneurship di pesantren, di sekolah-sekolah, perguruan tinggi.

 “Hal yang paling penting meningkatkan Muzakki bersama-sama, karena itu yang paling pokok, dengan mendorong anak muda untuk berusaha dan sebagainya,” ucapnya.

Dari sisi pelayanan, Wapres mengungkapkan agar Baznas melakukan inovasi pelayanan yang sesuai  dengan era perkembangan teknologi saat ini.  Sehingga Muzakki dapat dengan mudah menunaikan kewajibannya.

“Memang banyak yang berubah sesuai dengan teknologi sekarang ini, kalau kita bicara tentang zakat fitrah saja, dahulu musti dengan segala macam caranya, bawa barang sendiri ke Imam, kemudian berkembang cukup membawa uang, setelah itu dengan membayar pakai kartu kredit pun bisa sekarang ini,” terangnya.

“Orang tidak sempat lagi datang ngantri, semua sudah online macam-macam seperti itu, dan saya yakin juga dalam praktiknya juga Baznas sudah menjalankan itu,” imbuhnya.

Sebegitu pentingnya zakat, maka pengelolaan zakat di Indonesia secara resmi dilakukan oleh lembaga formal yaitu Badan Amil, Zakat Nasional (Baznas) yang eksistensinya berdasarkan atas  Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Baznas.

Sambutan Wapres tersebut ditutup dengan peresmian Rapat Kerja Zakat Nasional 2017, yang ditandai dengan ucapan kalimat “Bismillahirrahmanirrahim” sebagai tanda dibukanya Rakornas Zakat 2017 telah resmi dimulai.

Tampak hadir dalam acara tersebut yaitu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Baznas Bambang Sudibyo, dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohammad Oemar. (SY/RN, KIP-Setwapres).

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.