Gubernur Prefektur Aichi, Jepang Tawarkan Jalur Penerbangan Ke Nagoya

Gubernur Prefektur Aichi, Jepang Tawarkan Jalur Penerbangan Ke Nagoya

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 22 Aug 2017 WIB

Jakarta-wapresri.go.id. Pemerintah Indonesia diharapkan dapat membuka perwakilan di wilayah Prefektur Aichi dan membuka jalur penerbangan langsung ke Nagoya.

Hal ini disampaikan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura, saat melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Selasa 22/8.

Perwakilan Indonesia di Jepang saat ini berada di Tokyo dan Osaka, sekiranya Indonesia membuka perwakilan yang baru, diharapkan dapat dibuka di wilayah Aichi” ujarnya.  

Gubernur Ohmura menyampaikan bahwa 240 perusahaan atau sepertiga dari seluruh perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia berasal dari Prefektur Aichi yang mencakup juga kota Nagoya. Di samping itu, jumlah Warga Negara Indonesia di wilayah Aichi mencapai lima ribu orang, merupakan salah satu konsentrasi terbesar WNI di Jepang.  

Lebih lanjut Ohmura mengungkapkan, untuk mendukung peningkatkan kerja sama, diharapkan Garuda Indonesia dapat membuka jalur penerbangan langsung dari Indonesia ke Nagoya.  “Rute penerbangan langsung dari Nagoya ke Jakarta diharapkan dapat membuka potensi kerjasama perdagangan dan investasi’ ujar Ohmura. 

Dalam kesempatan tersebut Ohmura juga menyampaikan surat resmi kepada Wapres terkait kedua hal ini.

Wapres menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan penyampaian surat resmi Gubernur Ohmura tersebut. Wapres menyadari peran penting Prefektur Aichi dalam hubungan perdagangan dan ekonomi antara Indonesia dan Jepang . Wapres juga melihat potensi besar yang masih bisa dikerjasamakan.

Terkait pembukaan perwakilan RI di wilayah Aichi, Wapres akan menyampaikan hal ini kepada Menteri Luar Negeri. Wapres mengharapkan akan ada tindak lanjut untuk memperluas kerja sama dalam hubungan antara Indonesia dan Jepang. Wapres juga akan menginstruksikan kepada Garuda Indonesia dan Menteri Perhubungan untuk membahas pembukaan rute penerbangan baru tersebut. “Saat ini Garuda juga sedang mengembangkan rute-rute baru” ujar Wapres.

Selain itu Wapres menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini berusaha meningkatkan investasi di wilayah luar Jawa. Terkait hal ini, Wapres mengundang Gubernur Ohmura untuk juga mengunjungi wilayah di luar Pulau Jawa. “Tidak saja mengunjungi Jakarta, tetapi juga mengunjungi luar Jawa karena potensi kerja sama masih banyak”, ujar Wapres.     

Dalam pertemuan itu, Ohmura didampingi oleh Presiden Nagoya University, Seiichi Matsuo; Vice Chairman Nagoya Chamber of Commerce & Industry, Koichi Yasui; Vice President Central International Airport Co. Ltd., Masato Kakami ; Managing Director, Central Japan Economic Federation, Daisuke Kurihara ; Executive Director, Policy Planning Aichi prefectural Government, Jun Arakawa ; Director-General for Chubu Region & Chief Director, Jetro Nagoya, Shintaro Mine; Director General, Department of Regional Development and Tourism, Aichi Prefectural Government, Tomohiro Nomura; Deputy Chief of Mission, Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Kozo Hosei.

Sementara itu Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar; Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Guntur Iman Nefianto; Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan Wijayanto Samirin; dan Tim Ahli Wakil Presiden  Sofyan Wanandi (KIP-Setwapres.)

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.