Pendidikan Harus Ciptakan Generasi Muda Yang Kreatif Dan Inovatif

Pendidikan Harus Ciptakan Generasi Muda Yang Kreatif Dan Inovatif

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
Pemerintahan 06 Oct 2017 WIB

Lampung-wapresri.go.id. Perubahan kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh Teknologi. Sedangkan teknologi berkaitan erat dengan pendidikan yang selalu melihat masa depan yang menciptakan generasi muda kreatif dan inovatif.

Demikian harapan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dalam orasi ilmiahnya pada Dies Natalis ketiga Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Jl. Terusan Ryacudu, Jati Agung, Lampung Selatan Jum’at 6/10.

 “Semua muncul dari kreatifitas yang timbul di antara generasi muda mahasiswa. Itu karakter yang ingin kita ciptakan, karakter untuk maju, bersaing, kreatif dari mahasiswa,” ujarnya.

Lebih lanjut Wapres menyadari bahwa tujuan berbangsa adalah memajukan bangsa, banyak hal yang harus dikerjakan utamanya pada bidang ekonomi yang harus memiliki nilai tambah namun semua itu tidak lepas dari kualitas pendidikan.

“Paling pokok negeri ini di bagian ekonomi, yang punya nilai tambah dan semua hal yang sehubungan dengan nilai tambah selalu dengan inovasi. inovasi selalu punya hubungan dengan teknologi. teknologi selalu punya hubungan dengan pendidikan,”imbuhnya.

“Karena itulah bagaimana pentingnya inovasi berkembang daripada suatu sistem pendidikan kita semua,”lanjutnya.

Wapres menyebutkan dua macam teori dalam pendidikan yang merupakan tantangan akademisi untuk menggabungkan keduanya karena sama pentingnya untuk kehidupan manusia.

“ada dua macam teori dalam pendidikan, pendidikan yang memajukan skill, dan memajukia inovasi. karena itulah dua duanya sangat penting sekali bagaimana menggabungkan skill, inovasi dan kreatifitas orang-orang itulah jadi tantangan besar dari universitas ataupun institut seperti ITERA ini,”terangnya.

Dalam orasi ilmiahnya Wapres memuji tampilan kampu ITERA yang futuristik hal ini akan menginspirasi mahasiswanya berfikir kedepan tidak selalu membanggakan masa lalu. Oleh karenanya  Universitas harus mengajarkan yang bermanfaat untuk jangka waktu kedepan.

“Saya lihat tadi dari jauh bentuknya midern saya pikir ini suatu harapan kita buat karakter anak itu bahwa dia diharapkan pada masa dep-an. apa diajarkan di sini hari ini tentu berguna 5-10 yang akan datang,” ucapnya.

“Karena itulah maka ilmu pengetahuan yang diajarkan di universitas adalah ilmu yang efektif 10 tahun lagi karena itu kampus harus modern agar ada sifat dari mahasiswa melihat jauh kedepan bukan jauh ke belakang,”tandasnya.

 

Oleh karena itu, sambung Wapres, universitas atau perguruan  tinggi selalu bergandengan dengfan riset. karena riset adalah merubah seesuatu jadi lebih baik. riset memperloihatkan kebutuhan masyarakat ke depan.

“Tanpa riset semua akan stagnan,”pungkasnya.

Usai menyampaikan orasinya Wapres menandatangi prasasti sebagai tanda peresmian Asrama A,Embung C, Gedung C, dan Gedung E Institut Teknologi Sumatera (KIP-Setwapres)

 

 

 

 

 

 

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.