Munas ABP-PTSI  IV : “Merger” -  Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Wapres JK menyalami Menteri Agama usai Membuka Munas KE IV 17/7 foto Jeri Wong KIP Setwapres

Munas ABP-PTSI IV : “Merger” - Tingkatkan Kualitas Pendidikan

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 18 Jul 2017 WIB

Denpasar, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengusulkan agar Perguruan Tinggi Swasta  (PTS) melakukan “merger” untuk efisiensi dalam pengelolaannya sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan. “Karena itulah maka salah satu cara adalah merger, antara yang mampu dan yang tidak mampu, bagaimana menggabung-nggabungkan, sehingga terjadi efisiensi pengelolaan.” Hal tersebut diungkapkan Wapres saat meresmikan pembukaan Musyawarah Nasional IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) pada Senin (17/7) di Hotel Puri Saron, Seminyak, Bali.

 

Lebih lanjut Wapres mencontohkan kasus perbankan yang pernah terjadi pada tahun 1998.“Pengalaman di bidang perbankan, salah satu sebab terjadinya krisis ‘98 karena terlalu banyaknya bank, yakni 250 bank,  yang menyebabkan persaingan, yang merupakan salah satu sebab terjadinya  krisis ekonomi, sehingga merugikan bangsa,” ungkap Wapres.

. . 
Pada kesempatan tersebut Wapres juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat kurang lebih 4300 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, yang tentunya   menimbulkan persaingan yang ketat, yang cenderung  mengarah pada  pendidikan yang  lebih mudah dan cepat, sehingga kadang mengabaikan kualitas dan masa depan anak didik. “Disinilah masalahnya, jika lebih murah dan lebih cepat mengabaikan kualitasnya. Dan apabila mengabaikan kualitasnya, maka mengabaikan masa depan anak didik kita,” tutur Wapres.


Sesuai dengan tema yang diusung pada Munas IV kali ini “Revitalisasi dan Redinamisasi  Organisasi ABP-PTSI” Wapres berharap ABP-PTSI mampu  merevitalisasi sehingga  perguruan tinggi mampu memenuhi  tuntutan kebutuhan dewasa ini, yakni mampu untuk berinovasi, mampu untuk bekerja, dan mampu  untuk berbuat sesuatu.

 

Sebelumnya, Ketua Umum ABP-PTSI Prof Dr. Thomas Suyatno dalam sambutannya menyatakan bahwa Munas IV ABP-PTSI ini diikuti oleh 391 peserta yang merupakan pengurus dan perwakilan perguruan tinggi dari Aceh – Papua. Munas ini akan berlangsung selam 2 hari, yakni 17-18 Juli 2017, dengan agenda antara lain pembahasan penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART), serta pemilihan Ketua Umum periode 2017-2021.

 

Turut hadir  pada acara tersebut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Tim Ahli Wapres Sofyan Wanandi, serta Tim Ahli Wapres Iskandar Mandji (KIP-Setwapres, Trihandayani)

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.