Menerima Duta Besar Iran Untuk Indonesia

Menerima Duta Besar Iran Untuk Indonesia

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
Pemerintahan 27 Oct 2017 WIB

Jakarta-wapresri.go.id. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima kunjungan Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi Nasrabadi di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Jumat (27/10/2017). 

Dalam pertemuannya Valiollah menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla. 

Di kesempatan tersebut, Valiollah menuturkan hubungan antara Iran dan Indonesia telah berkembang dengan sangat pesat dalam dua tahun terakhir, sejak kunjungan Presiden Joko Widodo ke Iran. 

“Hubungan antara kedua negara berkembang besar selama dua tahun terakhir. Terutama dibidang ekonomi dan perdagangan. Dibidang ekonomi telah terjadi peningkatan hingga 70% dari rahun sebelumnya. Selain itu, kerjasama Indonesia-Iran juga berkembang dibidang IPTEK, pendidikan dan pariwisata.” tuturnya.

Lebih jauh Valiollah menjelaskan bahwa kemampuan kerjasama Indonesia-Iran sangat besar, untuk mendukung kerjasama tersebut telah dilakukan kesepakatan antara kedua negara. Diantaranya adalah penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bank SentraI Iran dan Bank Sentral Indonesia, dan kesepakatan antara Bank Sentral Iran dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan segera ditandatangani dalam waktu dekat. Dengan adanya kesepakatan ini, transaksi perdagangan antara dua negara dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang iran dan mata uang Indonesia.

Pemerintah Iran optimis bahwa hubungan Iran-Indonesia akan berkembang lebih baik lagi pada tahun 2018 mendatang. Oleh karena itu, dalam rangka mempererat hubungan dua negara, Duta Besar Iran dalam kesempatan ini menyampaikan undangan resmi dari Wakil Presiden Iran untuk Wapres Jusuf Kalla untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Iran. Kunjungan ini nantinya diharapkan dapat menggali potensi kerjasama dibidang-bidang lain antara Indonesia dengan Iran.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Duta Besar Iran, Wapres berpendapat bahwa hubungan Indonesia dengan Iran adalah sebuah hubungan persahabatan antar dua negara.

“Hubungan Indonesia-Iran adalah hubungan persahabatan yang saling menghargai. Oleh karena itu kita selalu berusaha untuk meningkatkan hubungan kerjasama kedua  negara.” ujar Wapres

Wapres menambahkan bahwa Indonesia dan iran saat ini sama-sama sedang terus mengembangkan IPTEK. Oleh karena itu kerjasama khususnya dibidanng IPTEK akan terus dilakukan. Begitupula hubungan kerjasama dibidang ekonomi dan keuangan.

Terkait undangan resmi dari Wakil Presiden Iran, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan terimakasih dan menyambut baik undangan tersebut. Wapres juga mengungkapkan kesediaan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Iran.

Hadir bersama Duta Besar Iran untuk Indonesia, Third Secretary Mrs. Asiyeh Abadi dan Interpreter Mr. Ali Pahlevani.

Sementara Wapres didampingi Sekretaris Wakil Presiden Mohamad Oemar, dan Tim Ahli Wakil Presiden Sofyan Wanandi (KIP, Setwapres)

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.