Melestarikan Budaya Nasional Jadi Kewajiban Kita Bersama
Ibu Mufidah Jusuf Kalla memberikan sambutan foto Jeri Wong

Melestarikan Budaya Nasional Jadi Kewajiban Kita Bersama

DITULIS USER

Rusmin Nuryadin
ngopiNEWS 15 Aug 2017 WIB

15/8/2017

Jakarta-wapresri.go.id. Ibu Mufidah Jusuf Kalla mengatakan Indonesia  diberkahi Warisan Budaya Nasional yang luar biasa, karena itu kita semua berkewajiban memelihara dan melestarikannya dari generasi ke generasi selanjutnya.

Hal itu ia sampaikan  dalam sambutannya pada acara peluncuran buku karya Bruce Carpenter dengan judul Dancing Of Silver: The Jewellery Of Runi Palar" dan "Seni Kerajinan Di Hindia Belanda di Museum Bank Mandiri, Jakarta Pusat, Selasa 15/8.

"Selain memiliki nilai budaya yang tinggi, ia juga memiliki nilai ekonomi yang tak kalah pentingnya sebagai bagian dari ekonomi kreatif," ungkapnya.

Mufidah menambahkam, ketika diperkenalkan ke Manca Negara, Produk kerajinan Indonesia seperti perhiasan, tenun, anyaman, dll, mendapat sambutan dan penghargaan yang luar biasa. "Kewajiban kita bersamalah untuk terus bersemangat menyelamatkan dan mengangkat kembali warisan budaya sekaligus harkat perajin bangsa kita," imbuhnya.

Ibu Mufidah sangat senang Dewan kerajinan nasional ( Dekranas ) telah berhasil menerjemahkan 5 buku kerajinan karya Mas Pirngadie dan J. Jasper. " buku ini telah mencatat sejarah teknik produksi dan perkembangan kerajinan pada Era Hindia Belanda yang terbit  100 tahun yang lalu," terangnya.

Ibu Mufidah berharap melalui buku ini dapat memberikan inspirasi dan memunculkan kreativitas, inovasi dan pemahaman yang mendalam bagi pembaca, akademisi dan artisan serta budayawan. "Untuk itu pentingnya melakukan bedah buku sehingga memumbuhkan minat anak-anak muda sebagai penerus pelaku kerajinan di berbagai sekolah kejuruan," pintanya.

Sementara itu Dekranas menunjukkan komitmen menggandeng para desaigner dan pecinta kerajinan termasuk Ibu Runi Palar. Karya Ibu Runi Palar yang terus ada dan berkembang tidak berhenti dan selalu berinovasi produk kerajinan yang cemerlang. "Tidak kalah jika Tim Dekranas menggandeng Ibu Runi Palar untuk membukukan pengalamannya sebagai metro karajinan dan perhiasan," lanjutnya.

Kedepan, Dekranas akan menyelenggarakan pameran Kriya Nusa 2017 pada September mendatang dan mengundang negara sahabat melalui istri Duta Besar yang hadir, untuk ikut serta sebagai peserta pameran,"paparnya.

Pada kesempatan tersebut Ibu Mufidah juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara dengan baik.

" Untuk itu saya sampaikan Terima Kasih kepada para sponsor seperti PT. Bank Mandiri khususnya Bapak Budi Sadikin dan Bapak Kartiko, begitu juga dengan Bapak Pieter Jatmiko dari PT. Iporter yang mensponsori buku Dancing In Silver, penulis buku, penerjemah, penyunting, percetakan dan juga para pengurus Dekranas. Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada pembuatan buku ini. Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya selaku Ketua Umum Dekranas meluncurkan buku Dancing Of Silver dan terjemahan buku Seni Kerajinan Hindia Belanda. Semoga Allah SWT meridhoi langkah kita semua" doa Ibu Mufidah. (KIP-Setwapres)

 

Penulis : Rusmin Nuryadin

Bagikan artikel ini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang ditulis oleh user. Tanggung jawab isi sepenuhnya pada user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini. Namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.