Zul Zivilia, Dari TKI Hingga Pengedar Narkoba

14 Mar 2019 08:15 Ngopitainment

Nama Zulkifli atau Zul, vokalis band Zivilia, belakangan kembali mencuat lantaran ditangkap akibat kasus narkoba. Ia terciduk bersama tiga orang rekannya di Apartemen Gading River View City Home, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 28 Februari 2019.

Polisi mendapati 9,4 kilogram sabu dan 24 ribu butir ekstasi dari tangan para pelaku. Kepada penyidik Polda Metro Jaya, Zul Zivilia mengaku baru dua kali mengedarkan narkoba ke pengecer di berbagai daerah, setelah bergabung dengan jaringan itu pada 2018.

Zul Zivilia enggan berkomentar banyak saat gelar perkara, beberapa waktu lalu. "Ini sudah jalan hidup say. Saya menyesal," ucapnya lirih.

Sebelum terjun ke industri musik, Zul Zivilia pernah menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jepang pada 2003. Pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara ini bekerja sebagai buruh perusahaan las otomotif, pengecoran logam, hingga buruh pabrik kerupuk.

Selama bekerja, Zul Zivilia menyisihkan gajinya untuk dibelikan alat-alat musik. Ia bahkan sempat membentuk grup band hingga berkesempatan tampil di Kedutaan Besar Indonesia.

Sepulangnya ke Indonesia pada 2009, Zul Zivilia masih terus bermusik. Ia beruntung ketika bertemu produser dan mengajaknya rekaman album. Popularitas Zivilia meroket setelah peluncuran album perdana dengan single berjudul Aishiteru. Sontak nama Zul Zivilia pun semakin dikenal.

Sayang, kini Zul harus mendekam ditahanan karena perbuatannya yang melanggar hukum. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini