Ilustrasi Instagram dan YouTube. (Foto: Istimewa)

YouTube Keok, Pendapatan Kalah dari Instagram

Teknologi dan Inovasi 06 February 2020 23:50 WIB

Anak perusahaan Facebook, Instagram meraup keuntungan dari iklan selama 2019 senilai 20 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp207,5 triliun.

Menurut laporan Bloomberg, pendapatan ini menyumbang pendapatan iklan Facebook sekitar Rp966 triliun.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengakuisisi Instagram pada 2012, senilai Rp13,6 triliun.

Sementara itu, dilansir dari Businessinsider, pendapatan Instagram lebih banyak dibanding uang YouTube.

Menurut laporan dari Google, YouTube mendapatkan keuntungan 15 miliar dolar AS pada 2019.

Terdapat perbedaan keuntungan sebesar 5 miliar dolar AS antara Instagram dan YouTube.
Dibanding YouTube, biaya untuk mengakses konten Instagram relative lebih murah.

Sebab, besaran kuota yang harus dikeluarkan pengguna saat menonton video di YouTube lebih besar ketimbang Instagram yang konten-kontennya berupa foto dan video. Meski demikian, Departemen Kehakiman Amerika Serikat tengah menyelidiki dugaan monopoli Facebook.

Sebagaimana diketahui, Facebook memiliki beragam platform seperti Instagram, WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya. Mark bahkan berencana mengintegrasikan platform-platform tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 18:16 WIB

Peduli Corona, Produksi Bilik Disinfektan dan APD

Feature

Pandemi corona membuat banyak orang melakukan aksi sosial.

06 Apr 2020 18:09 WIB

Dokter Naek Tobing Meninggal Karena Corona

Tokoh

Pakar seksologi dokter Naek Tobing meninggal karena corona.

06 Apr 2020 18:02 WIB

Presiden Ingin Pelaksanaan PSBB Dilaksanakan dengan Cepat

Nasional

Jokowi juga meminta hasil tes Covid-19 di laboratorium dipercepat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.