Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, calon kuat pengganti Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang baru. (Foto: The Japan Times)

Yoshihide Suga Calon Kuat PM Jepang Baru

Internasional 30 August 2020 19:12 WIB

Shinzo Abe telah resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Perdana Menteri (PM) Jepang, pada Jumat 28 Agustus 2020. Alasannya, kondisi kesehatan yang memburuk. Ia mengidap penyakit kolitis ulserativa sejak usia remaja.

Penyakit yang diidap Abe ini ialah radang usus besar yang dapat menyebabkan bisul pada lapisan usus besar dan rektum. Gejalanya berupa diare, kram perut, penurunan berat badan, dan kelelahan.

Usai pengunduran itu kemudian memicu pemilihan internal untuk mencari Ketua Liberal Democratic Party (LDP) atau Partai Demokrat Liberal baru. Rencananya, pemilihan akan digelar pada pertengahan September mendatang.

Mengutip The Japan Times, Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga disebut-sebut menjadi salah satu calon kuat pengganti Shinzo Abe.

Selain sebagai Sekretaris Kabinet, Suga juga dikenal sebagai juru bicara pemerintah Jepang sejak Abe kembali berkuasa pada akhir 2012 lalu. Pria 71 tahun ini menjadi salah satu orang kepercayaan yang diprediksi kuat berpotensi menggantikan Abe.

Mengutip South China Morning Post, sebelumnya Suga menolak kemungkinan dirinya untuk maju menggantikan Abe. Namun, sekutu setia Abe ini terlihat kerap tampil di depan media dan dianggap sebagai calon potensial.

Selain Suga, beberapa nama lain seperti Kepala Kebijakan LDP Fumio Kishida dan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba juga telah menunjukkan keinginan mereka untuk mencalonkan diri sejak Abe mengumumkan mengundurkan diri.

Pemenang kontestasi ini hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri menggantikan Abe, karena mayoritas suara di parlemen. Pemenang akan menjalani sisa masa jabatan Abe sebagai Ketua LDP yang berakhir pada September 2021.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

22 Sep 2020 00:20 WIB

5 Fakta Mahasiswi Diperkosa Bergilir 6 Pria dalam Kondisi Mabuk

Kriminalitas

Korban diperkosa secara bergilir dalam kondisi mabuk.

Terbaru

Lihat semua
22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop
22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...