Deretan pemain tertua di Piala Dunia 2018.

Yang Tua, Yang Perkasa..!! Ini 5 Pemain Paling Uzur di Piala Dunia 2018

08 Jun 2018 18:35

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Piala Dunia 2018 tinggal menghitung hari. Induk organisasi sepakbola dunia FIFA, sudah merilis 23 pemain dari 36 negara peserta. Dari sederet nama, ada beberapa pemain yang tak lagi muda. Masihkah lima pemain tertua ini tampil perkasa di Rusia..?

Essam El-Hadar

Rekor pemain tertua di Piala 2018 dipegang penjaga gawang Mesir, Essam El-Hadar. Usianya sudah berkepala empat, tepatnya 45 tahun. Namun Essam masih akan dipercaya tampil sebagai pemain utama di bawah mistar gawang.

Bahkan, pelatih Timnas Mesir Hector Cuper menunjuknya sebagai kapten karena sosok yang dituakan, meski ada sang Bintang Mohamed Salah. Essam sendiri sangat percaya diri menatap Piala Dunia 2018.

“Usiaku adalah 45 tahun, tapi bagiku, ini hanya angka di atas kertas. Di lapangan bisa berbeda. Saya sangat senang bermain di Piala Dunia,” ucapnya.

 

 

Essam EL-Hadar

Rafael Marquez

Di bawah, Essam ada pemain tertua kedua, yatiu Rafael Marquez yang sudah berusia 39 tahun. Bedanya, pemain belakang Meksiko ini menjadi salah satu pemain yang pernah tampil di lima turnamen Piala Dunia berbeda.

Selain itu, mantan pemain Barcelona ini ncatatkan diri sebagai pemain pertama yang menjadi kapten tim di empat Piala Dunia. Tercatat, telah menjalani 141 penampilan bersama Timnas Meksiko sepanjang karier profesionalnya.

Kehadiran Marquez di lapangan akan sangat penting memimpin skuat Meksiko yang di dominasi pemain muda. Sosoknya akan jadi panutan, apalagi pemain muda Meksiko dikenal liar dan susah diatur.

Tim Cahill

Nama Tim Cahill sudah akrab di telinga pencita Liga Inggris. Di usiannya yang sudah 38 tahun, Tim Cahill masih menjadi tumpuan di lini tengah Timnas Australia.

Dengan sejumlah pengalamannya bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris, tak heran jika dirinya tetap dipercaya mengisi posisi paling vital dalam sepakbola itu.

Jika mencetak gol di Piala dunia 2018, Cahill bisa mencatatkan namanya dalam sejarah. Sejajar dengan legenda, Uwe Seeler, Pele dan Miroslav Klose yang mampu mencetak gol dalam empat edisi berbeda Piala Dunia.


Sergey Ignashevich

Usianya sama dengan Tim Cahill, cuma berbeda bulan. Kekuatan Sergey Ignashevich masih diperlukan di lini pertahanan Timnas Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 nanti.

 

Selain tenang di lini belakang, satu kelebihan Sergey adalah kemampuan mencetak gol, khususnya sundulan memanfaatkan bola-bola mati.

Willy Caballero

Penjaga gawang, Willy Caballero menjadi pemain tua yang beruntung. Di usainya yang sudah 36 tahun, pemain bernama lengkapa Wilfredo Daniel "Willy" Caballero Lazcano itu nampaknya akan menjadi pilihan utama pelatih Timnas Argentina di Piala Dunia 2018 nanti.

 

 Penyebabnya, pelatih Jorge Sampaoli mencoret Sergio Romero karena cedera bahunya beberapa minggu sebelum Piala Dunia 2018.Pengalamannya bersama Manchester City, meski menjadi penjaga gawang kedua namun cukup bisa diandalkan. (tom)