Yang Terlupakan Pada Pemilu 2019

19 Apr 2019 18:30 Politik

Pesta Demokrasi atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah sukses dilakukan pada Rabu 17 April 2019. Pelaksanaan Pemilu kali ini memang berbeda dari pemilihan sebelumnya.

Sebab, Pemilu kali ini diadakan untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota secara bersamaan, serentak di seluruh wilayah di Indonesia.

Pelaksanaan Pemilu ini memang tidak mudah dan butuh perjuangan besar untuk melangsungkannya, terutama di daerah-daerah dengan jangkauan akses yang susah.

Perjuangan dari panitia-panitia pelaksana dalam mengantarkan logistik pemilu ke tempat-tempat terpencil ini kadang luput dari perhatian masyarakat.

Jerih payah mereka dalam melaksanakan pemilu dan Pilpres 2019 agar berjalan lancar tak sia-sia. Meski dalam pelaksanaan pencoblosan masih teradi masalah.

Sebuah video beredar di media massa yang menyebut mereka-mereka sebagai pahlawan pemilu. Video ini tentang momen-momen distribus logistik Pemilu ke pelosok-pelosok yang dilakukan sejumlah aparat TNI, Polri dan masyarakat.

Dalam berdurasi 1 menit 30 detik ini bagaimana susah payahnya panitia penyelenggara pemilu dibantu aparat TNI dan Polri mendistribusi logistik dan pengamanan kartu suara di daerah-daerah terpencil dengan medan yang cukup berat.

Ada yang harus menyeberang hingga berenang ke sungai, ada yang harus melewati jalanan berlumpur, dan ada yang harus menggunakan kendaraan roda dua.

Video yang berasal dari netizen ini sebagai wujud apresiasi kepada para pelaksana yang kemudian mendapat julukan sebagai "Pahlawan Pemilu". (wit)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini