Jorge Lorenzo (paling kanan) saat pengenalan tim Monster Energy Yamaha di awal musim MotoGP 2020 lalu. (Foto: Twitter/@lorenzo99)
Jorge Lorenzo (paling kanan) saat pengenalan tim Monster Energy Yamaha di awal musim MotoGP 2020 lalu. (Foto: Twitter/@lorenzo99)

Yamaha Kesampingkan Lorenzo untuk Gantikan Rossi

Ngopibareng.id MotoGP 16 October 2020 20:15 WIB

Yamaha mengesampingkan Jorge Loroenzo untuk menggantikan posisi Valentino Rossi jika sampai absen di MotoGP Teruel. Rossi sendiri akan absen di MotoGP Aragon, Minggu 18 Oktober 2020 setelah dinyatakan positif Covid-19.

Tim Garpu Tala itu dipastikan hanya akan diperkuat Maverick Vinales jika Rossi tidak bisa tampil di MotoGP selanjutnya. Sebab, Yamaha tidak mau memaksakan Lorenzo selaku test driver untuk turun di race MotoGP Teruel 2020 setelah tak tampil maksimal dalam tes di Portimao, Portugal, pekan lalu.

“Kami harus menunggu sampai dia (Rossi) dapat kembali sebaik mungkin. Sekarang dia baik-baik saja, meski situasi ini tidak menyenagkan bagi kami,” ujar manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli kepada DAZN seperti dikutip dari AS.

Meregalli menyatakan, kendati ada kemungkinan absen dalam dua balapan yang berlangsung di Sirkuit Aragon, ia belum berpikir akan mencari penggantinya. Namun akan jadi berbeda bila ia harus kembali absen di MotoGP selanjutnya di Valencia.

“Kami masih memiliki waktu 10 hari untuk mendapatkan penggantinya. Jorge Lorenzo bisa jadi kandidat,” terang Meregalli.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini Lorenzo belum siap tampil di kelas utama itu setelah delapan bulan tak ambil bagian di MotoGP. Baginya, Lorenzo membutuhkan adaptasi dan menyesuaikan ritme untuk menjadikan pembalap Spanyol itu lebih maksimal.

“Dalam tes di Portimao, kami melihat bahwa dia telah delapan bulan tanpa mengendarai sepeda motor. Dia perlu memulihkan ritme, kecepatan, akselerasi, serta pengeremannya. Jika dia bisa, kami pasti akan membuatnya mengendarai motor antara di Aragon berikutnya dan Valencia,” kata Meregalli.

Rossi sendiri merupakan satu-satunya dan pembalap pertama di kelas utama MotoGP yang positif terpapar Covid-19. Dia akan menjadi penonton ketika para rivalnya bersaing di lintasan MotoGP Aragon 2020, Minggu 18 Oktober nanti.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 09:11 WIB

Superstrata Terra dan Ion, Frame Sepeda 3D Printing

Gowes Bareng

Meski proses pembuatan berteknologi tinggi, tapi komponen mudah didapatkan.

01 Dec 2020 08:53 WIB

Si Mansur Menceburkan Diri ke Kalenan, Anekdot Khas Fachry Ali

Humor Sufi

Kisah kecil anak-anak Betawi di masa lalu

01 Dec 2020 07:18 WIB

Pakar Imunisasi: Distribusi Vaksin Covid-19 Tahan hingga 6 Bulan

Rek, Ojok Angel Tuturane

Vaksin butuh ruang pendingin agar bertahan 3-6 bulan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...