Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan, prediksi peningkatan traffic data di bulan Ramadan melalui video conference, Rabu 22 April 2020.

Ramadan, XL Prediksi Peningkatan Data di Kawasan Pemukiman

Ekonomi dan Bisnis 23 April 2020 06:10 WIB

PT XL Axiata memprediksi akan ada lonjakan traffic penggunaan data yang signifikan pada bulan Ramadan tahun 2020 ini.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan, prediksi akan terjadi peningkatan penggunaan data sebesar 15-20 persen. Berbanding cukup jauh dengan layanan percapakan sekitar 5 persen dan layanan SMS relatif stabil.

Peningkatan tersebut, papar Gede, karena saat ini banyak masyarakat yang melakukan berbagai aktivitas di rumah akibat pandemi covid-19. Sehingga, data ini lebih banyak dipakai untuk mengakses banyak hal, mulai dari aplikasi media sosial, aplikasi kerja dan aplikasi belajar bagi siswa.

"Dilihat dari pemakaian data saat ini, kontribusi kenaikan trafik paling banyak dilakukan untuk kegiatan video streaming dan game online. Sehingga, kami mencoba memperbaiki dan meningkatkan jaringan,” ungkap Gede dalam konferensi pers yang digelar melalui video conference, Rabu (22/4/2020).

Kenaikan ini, diprediksi didominasi provinsi yang ada di Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Serta, ada beberapa daerah luar Jawa seperti Banjarmasin hingga Lombok. Hal itu berkaca dari lonjakan data saat mudik di tahun 2019, dengan rata-rata peningkatan sebanyak 25 persen di pulau Jawa.

"Di tahun ini dengan adanya WFH dengan lonjakan 15 persen, ternyata JaBo (Jakarta-Bogor) turun 4 persen. Ternyata orang yang ada di DKI Jakarta sudah pulang karena kantor tutup dan biaya hidup di Jakarta mahal," kata dia.

Bahkan, timnya telah memprediksi adanya perubahan di mana yang biasanya traffic cukup tinggi di tempat wisata maupun rest area ketika arus mudik, K\kini, peningkatan justru terjadi di kawasan pemukiman.

Sehingga, sebagai antisipasi lonjakan penggunaan data, XL Axiata menyiapkan 4.000 site yang akan difokuskan dikawasan pemukiman dan rumah sakit rujukan.

"Kami siapkan 4.000 site yang akan kami deploy untuk memastikan silaturahmi virtual bisa dilakukan secara nyaman untuk semua orang," pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

24 Sep 2020 07:17 WIB

NU Harus Mulai Program Ekonomi, Wapres: Manfaatkan Teknologi

Khazanah

Revolusi Teknologi tak bisa dihindari dan harus dimanfaatkan

24 Sep 2020 07:01 WIB

Tunda Gelar Muktamar Ke-34, Ini Agenda Resmi PBNU

Khazanah

Keputusan Konbes Nahdlatul Ulama secara daring

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...